facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pulau Semangki Besar dan Semangki Kecil Bakal Jadi Destinasi Wisata Ekslusif Pesisir Selatan

Riki Chandra Selasa, 01 Maret 2022 | 19:56 WIB

Pulau Semangki Besar dan Semangki Kecil Bakal Jadi Destinasi Wisata Ekslusif Pesisir Selatan
Unggahan Pulau Semangki Besar dan Semangki Kecil pada Instagram @kabarpessel. [Dok.Antara]

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), bakal mengembangkan Pulau Semangki Besar dan Semangki Kecil sebagai destinasi ekslusif.

SuaraSumbar.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), bakal mengembangkan Pulau Semangki Besar dan Semangki Kecil sebagai destinasi ekslusif.

Kedua pulau tersebut berada di Kecamatan IV Jurai, tepatnya di belakang pulau Cingkuak, Carocok Painan. Kedua pulau tersebut akan dikemas menjadi destinasi ekslusif yang menarik wisatawan baik mancanegara mau pun lokal.

Hal itu dinyatakan Bupati Pesisir Selatan, Rusman Yul Anwar. "Rencananya seperti itu, dua pulau yang terpisah akan dikembangkan menjadi destinasi wisata ekslusif," katanya, Selasa (1/3/2022).

Menurut Rusma, dua pulau yang berada dipantai barat sumatera ini memiliki luas masing masing 1,6 hektare dan 0,6 hektare.

Baca Juga: Tipu Warga Pakai Hipnotis, Penjual Obat Asal Lampung Diciduk di Pesisir Selatan

"Pulau yang akan menjadi destinasi wisata baru berjarak sekitar 2,4 mil atau sekitar 3 kilometer dari tepi pantai Pessel dan berada antara dua pulau kecil lainnya" ungkap Bupati Rusman.

Pemkab Pessel akan melakukan pengembangan destinasi wisata secara bertahap, nilai investasi awal sebesar Rp 5,3 miliar, sedangkan tahap selanjutnya senilai 5,7 miliar pada tahun 2023.

"Pengembangan selain cattage dan kios dengan bangunan semi permanen destinasi wisata batu Pessel yang akan terpisah sepanjang 200 meter akan ada jembatan apung" terangnya.

Dikatakan lagi, dana anggaran bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). (Antara)

Baca Juga: Pulau Simangki Bakal Jadi Objek Wisata Eksklusif

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait