Tak Hanya Minangkabau, Pemprov Sumbar Beri Ruang Penguatan Adat Etnis Minoritas

Pemprov Sumbar memberikan ruang besar terhadap etnis tersebut untuk terus berkembang.

Riki Chandra
Kamis, 24 November 2022 | 20:29 WIB
Tak Hanya Minangkabau, Pemprov Sumbar Beri Ruang Penguatan Adat Etnis Minoritas
Anggota DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman dalam Pelatihan Penguatan Kapasitas Pemangku Adat Batak di Padang, Kamis (24/11/2022). [Dok.Istimewa]

SuaraSumbar.id - Etnis minoritas di yang telah tumbuh, berkembang hingga berbaur dengan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), diberikan ruang untuk melakukan penguatan hingga pemahanan terhadap adat etnis tersebut.

Pemprov Sumbar memberikan ruang besar terhadap etnis tersebut untuk terus berkembang. "Selain etnis Minangkabau, di Sumbar juga banyak etnis lain yang tumbuh dan berkembang. Kami apresiasi Pemprov yang memberikan ruang sehingga etnis minoritas ini mendapat kesempatan menggali nilai-nilai budaya sendiri," kata anggota DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman dalam Pelatihan Penguatan Kapasitas Pemangku Adat Batak di Padang, Kamis (24/11/2022).

Politikus PDIP itu mengatakan, ruang yang diberikan Pemprov Sumbar hingga etnis minoritas bisa tumbuh dan berkembang menjadi jawaban bahwa pandangan negatif selama ini tentang Ranah Minang yang dituding intoleran itu.

"Sumbar tetap dalam kerangka NKRI yang menjaga kemajemukan dan nilai-nilai pluralisme," ujarnya.

Baca Juga:Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov Sumbar Target Kirim 2 Ton Rendang

Albert mengatakan, jika dikelola dengan baik, kolaborasi antara semua etnis yang tumbuh dan berkembang di Sumbar akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Menurutnya, nilai-nilai plurarisme itu juga harus disampaikan dan diterapkan di tingkat masyarakat bawah. Sebab, tidak bisa dipungkiri kurangnya pemahaman membuat ada potensi gesekan di tingkat bawah.

"Pembauran di Sumbar sangat luar biasa. Saya dari etnis Tionghoa tidak lagi memahami bahasa ibu, malah sangat fasih berbahasa Minang. Saya lahir, tumbuh berkembang dan nantinya meninggal dan dikuburkan di Sumbar. Banyak etnis lain juga seperti itu. Kami sudah menganggap Sumbar sebagai kampung halaman," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi diwakili Kepala Bidang Sejarah Nilai Tradisi dan Adat Dinas Kebudayaan Sumbar, Fadhli Junaidi mengatakan, kolaborasi antara banyak etnis yang ada di Sumbar merupakan sebuah keharusan untuk bisa mensukseskan pembangunan daerah.

Ia mengatakan etnis Batak merupakan salah satu kelompok etnis terbesar di Indonesia. Khusus untuk Sumbar, jumlahnya berdasarkan sensus penduduk 2010 mencapai 222.549 orang atau sekitar 4 persen dari populasi masyarakat Sumbar.

Baca Juga:Gubernur Sumbar Perpanjang Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor hingga 12 Desember 2022, Ini Alasannya

"Kita mendorong etnis Batak dan etnis lain di Sumbar untuk lebih mengenal nilai-nilai luhur dari budayanya dalam kerangka upaya pembangunan Sumbar ke depan," katanya.

News

Terkini

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

News | 15:33 WIB

Menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji merupakan sebuah impian dan pencapaian spiritual tersendiri bagi umuat muslim.

News | 14:15 WIB

WhatsApp meluncurkan fitur mengirim pesan ke nomor sendiri atau Message Yourself untuk pengguna iOS dan Android.

News | 13:15 WIB

TikTok berencana membuka lowongan kerja untuk 3.000 engineer baru di seluruh dunia.

News | 12:15 WIB

Nazril Irham atau Ariel NOAH dikenal sebagai seorang penyanyi yang punya banyak mantan pacar.

Lifestyle | 11:10 WIB

Penggiat Pemilu Sumatera Barat (Sumbar), Surya Efitrimen mengatakan bahwa potensi terjadinya politik uang di Sumbar cukup tinggi.

News | 10:15 WIB

Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti memperkuat skuad Garuda pada Piala AFF 2022, meski Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

News | 09:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo kembali memberikan pernyataan kontroversial. Pinkan terang-terangan meminta Rizky Billar untuk segera menceraikan Lesti Kejora.

Lifestyle | 08:15 WIB

Serangn terhadap Capres Partai Nasdem, Anies Baswedan, dinilai semakin menjadi-jadi

News | 07:15 WIB

Selebgram Denise Chariesta disorot netizen lantaran aksinya yang terus-terusan berkoar soal perselingkuhannya dengan pria berinisial RD.

Lifestyle | 06:15 WIB

Kisah Silvia, seorang perempuan yang sudah 21 tahun hidup di atas kursi roda.

News | 05:25 WIB

Pinkan Mambo mengatakan bahwa mantan rekan duetnya di duo Ratu, Maia Estianty, sangat membenci Mulan Jameela.

News | 05:10 WIB

Realisasi PAD itu berasal dari pajak daerah Rp 29,65 miliar dari target Rp 45,67 miliar atau 65,12 persen.

News | 17:55 WIB

Sebanyak 6.400 paket pun disiapkan.

News | 17:12 WIB

perusahaan dilarang membayar upah di bawah UMP 2023.

News | 16:53 WIB
Tampilkan lebih banyak