Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov Sumbar Target Kirim 2 Ton Rendang

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan mengirimkan sekitar 2 ton rendang untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Riki Chandra
Kamis, 24 November 2022 | 10:33 WIB
Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov Sumbar Target Kirim 2 Ton Rendang
Gubernur Sumbar Mahyeldi ikut masak rendang di BPBD Sumbar. [Dok.Istimewa]

SuaraSumbar.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan mengirimkan sekitar 2 ton rendang untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Kita rencanakan untuk tahap reaksi cepat tahap awal antara 1,5 sampai 2 ton,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat tinjau Posko Peduli Gempa Cianjur di Kantor BPBD Sumbar, Rabu (23/11/2022) malam.

Bantuan tersebut dihimpun dari semua Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Sumbar. Termasuk dari kabupaten dan kota, forkopimda, pihak legislatif, BUMN, BUMD, pihak swasta, hingga sumbangan perorangan.

Mahyeldi mengatakan, bantuan rendang ini sudah menjadi ikon atau rutinitas masyarakat Sumbar dalam membantu situasi darurat akibat bencana di daerah lain.

Baca Juga:Bantu Korban Gempa Cianjur, Ganjar Kirim Keperluan Wanita sampai Mainan Anak

Selain rendang, kata Mahyeldi, pihaknya juga bakal melakukan penggalangan dana rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon). Terutama untuk pembangunan fasilitas umum atau ruang publik, seperti masjid, musalla, sekolah, hingga rumah sakit.

“Jumlahnya rehab-rekon belum tahu. Tapi kita sudah minta ke Dinsos, lembaga, cendikia charity, untuk bisa sama-sama menggalang dana,” katanya.

Sementara itu, Dharma Wanita Persatuan BPBD Sumbar memasak randang langsung bersama-sama. Inisiatif ini dilakukan agar jumlah randang yang bakal dikirim lebih banyak dibandingkan dengan membeli di rumah makan, restoran, atau pusat oleh-oleh yang ada di Padang.

“Kalau kita masak, jumlahnya lebih banyak dibanding kita beli. Kita beli daging sapi 20 kilogram, ketika sudah jadi rendang jumlahnya bisa sekitar 35 kilogram,” kata anggota DPW BPBD Sumbar, Ardevi Ilham Wahab.

Data sementara dari BPBD Sumbar pada Rabu (23/11/2022), jumlah rendang sudah terkumpul 499 kilogram.

Baca Juga:Dijemput Intel, Pelaku Cegat Mobil Logistik Bantuan Korban Gempa Cianjur Keder

News

Terkini

Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar kelompok relawan Jokowi disorot berbagai pihak.

News | 07:15 WIB

Winarsih terus berjuang agar lepas dari jerat hukum usai menghina Dewi Perssik.

News | 06:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo menyinggung kekayaan Raffi Ahmad.

News | 05:15 WIB

Kabar pernikahan Ariel NOAH dengan Bunga Citra Lestari (BCL) beredar di media sosial.

News | 17:39 WIB

Dedi berharap masyarakat bisa memanfaatkan perpanjangan untuk segera mengurus pembayaran pajak dan denda pajak kendaraannya.

News | 17:24 WIB

hukuman cambuk 21 kali dikurangi masa tahanan empat bulan atau empat kali cambukan.

News | 17:16 WIB

Keduanya dilimpahkan ke Seksi Paminal Polres Lampung Selatan sebelum di persidangkan di pengadilan.

News | 17:00 WIB

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

News | 15:33 WIB

Menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji merupakan sebuah impian dan pencapaian spiritual tersendiri bagi umuat muslim.

News | 14:15 WIB

WhatsApp meluncurkan fitur mengirim pesan ke nomor sendiri atau Message Yourself untuk pengguna iOS dan Android.

News | 13:15 WIB

TikTok berencana membuka lowongan kerja untuk 3.000 engineer baru di seluruh dunia.

News | 12:15 WIB

Nazril Irham atau Ariel NOAH dikenal sebagai seorang penyanyi yang punya banyak mantan pacar.

Lifestyle | 11:10 WIB

Penggiat Pemilu Sumatera Barat (Sumbar), Surya Efitrimen mengatakan bahwa potensi terjadinya politik uang di Sumbar cukup tinggi.

News | 10:15 WIB

Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti memperkuat skuad Garuda pada Piala AFF 2022, meski Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

News | 09:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo kembali memberikan pernyataan kontroversial. Pinkan terang-terangan meminta Rizky Billar untuk segera menceraikan Lesti Kejora.

Lifestyle | 08:15 WIB
Tampilkan lebih banyak