alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fenomena Langka, Ikan di Danau Diatas Kabupaten Solok Mendadak Jinak dan Mudah Ditangkap

Riki Chandra Rabu, 07 Juli 2021 | 20:01 WIB

Fenomena Langka, Ikan di Danau Diatas Kabupaten Solok Mendadak Jinak dan Mudah Ditangkap
Ikan mendadak jinak dan berenang ke pinggir Danau Diatas Kabupaten Solok. [Dok.Antara]

Kejadian langka itu pun dimanfaatkan sejumlah warga yang beramai-ramai menangkap ikan yang tiba-tiba berenang menepi ke pinggiran danau.

SuaraSumbar.id - Fenenomena tak biasa terjadi di kawasan pinggiran Danau Diatas di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Puluhan ekor ikan mendadak jinak dan muncul kepermukaan.

Kejadian langka itu pun dimanfaatkan sejumlah warga yang beramai-ramai menangkap ikan yang tiba-tiba berenang menepi ke pinggiran danau.

"Bayak ikan yang tiba-tiba jinak dan berenang ke pinggir danau sehingga kami sangat mudah menangkapnya," kata salah seorang warga Khairul Anwar (38), Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, jenis ikan yang jinak berjenis tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker atau biasanya dikenal oleh warga di sana ikan catue.

Baca Juga: Terapkan PPKM Mikro, Kota Padang Tetap Gelar Salat Idul Adha di Masjid

Warga melihat ikan itu mulai berenang ke pinggir danau sejak beberapa hari belakangan. Warga pun memanfaatkan momen langka itu untuk menangkap ikan.

Anwar tidak mengetahui kenapa ikan itu keluar dari dasar danau. Ia juga mengaku baru pertama kali melihat ikan di danau itu yang tiba-tiba jinak dan mudah ditangkap.

"Kalau akibat keracunan, saya rasa tidak mungkin. Kalau akibat keracunan tentu semua ikan di danau pusing dan mati, tetapi cuma ikan minyak atau ikan catue. Sedangkan ikan yang lain tidak," kata dia.

Saat ini, kata Anwar, tidak begitu banyak lagi ikan yang muncul karena sudah banyak ditangkap warga. "Namun beberapa ikan masih ada yang muncul ke pinggir danau," bebernya.

Warga lainnya Susanti (32) mengatakan beberapa waktu lalu ia sempat melihat peristiwa air danau berputar dan naik-turun di pinggir air Danau Diatas.

Baca Juga: Audy Joinaldy Klaim Vaksinasi di Sumbar Capai 81,3 Persen dari Total Vaksin yang Diterima

"Setelah kejadian itu banyak ikan yang tiba-tiba jinak, mungkin ikan tersebut pusing akibat putaran air itu, saya juga bingung," katanya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait