alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Manfaat Daun Sungkai, Termasuk Obat Malaria

Riki Chandra Rabu, 01 Desember 2021 | 16:15 WIB

4 Manfaat Daun Sungkai, Termasuk Obat Malaria
Daun Sungkai [ist]

Daun Jati Sabrang (Peronema Canescens Jack) atau dikenal di Sumatera Barat (Sumbar) dengan sebutan daun sungkai, memiliki banyak manfaat.

SuaraSumbar.id - Daun Jati Sabrang (Peronema Canescens Jack) atau dikenal di Sumatera Barat (Sumbar) dengan sebutan daun sungkai, memiliki banyak manfaat. Daun itu diyakini mampu mengobati berbagai penyakit, seperti demam hingga menambah daya tahan tubuh.

Selain kaya manfaat dan murah di dapat, cara pengolahannya pun sangat sederhana, cukup diremas atau direbus bersama air secukupnya, lalu saring air remasan tersebut dan diminum. Namun, daun sungkai juga dipercaya bisa membantu kaum ibu yang baru saja melahirkan.

Berikut 4 manfaat daun sungkai.

1. Meningkatkan Imunitas

Baca Juga: Tukang Jahit di Padang Cabuli Remaja Perempuan 13 Tahun, Modusnya Bantu Permak Baju

Manfaat daun sungkai yang pertama ialah bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Manfaat daun sungkai sebagai menambah imun ini telah lama dipercaya oleh masyarakat suku lembak di Bengkulu.

Biasanya, bagian yang digunakan, yakni daun sungkai yang masih muda. Daun sungkai muda berwarna ungu kemerah-merahan dan biasanya tumbuh pada bagian atas.

2. Mengandung Antibakteri

Manfaat daun sungkai yang berikutnya adalah sebagai obat kumur dan penyembuhan luka secara alami karena mengandung senyawa antibakteri.

Penggunaan daun sungkai sebagai obat ini telah lama digunakan oleh masyarakat secara tradisional. Tepatnya di kepulauan Riau, daun sungkai banyak digunakan untuk mengobati luka ringan.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Fokus Cegah Kasus Kekerasan Seksual, Ini Surat Edarannya

Daun sungkai biasa digunakan dengan cara direbus untuk mengatasi penyakit kurap dan sebagai obat kumur untuk mengatasi infeksi gigi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait