facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Riki Chandra Sabtu, 29 Januari 2022 | 09:15 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis
Ilustrasi mengisi baterai HP. [Dok.Hops.id]

Baterai adalah salah satu bagian penting dari smartphone atau HP. Atas dasar itu, perlu diketahui penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya.

SuaraSumbar.id - Baterai adalah salah satu bagian penting dari smartphone atau HP. Atas dasar itu, perlu diketahui penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya.

Meski sangat banyak HP yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar, namun jika pengguna tak tahu penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya, akan muncul masalah ketika kehabisan baterai HP, terlebih disaat dalam keadaan yang mendesak.

Tanpa adanya daya dari baterai, gadget atau gawai akan mati dan tak akan bisa dioperasikan. Maka, kebutuhan akan sumber daya untuk menyalakan perangkat smartphone merupakan salah satu yang terpenting.

Dikutip dari Hops.id - jaringan Suara.com, faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya konsumsi baterai HP sebenarnya cukup banyak.

Baca Juga: Jangan Sampai Drop, Berikut 5 Cara Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel

Seperti penggunaan aplikasi, kecerahan layar, kekuatan sinyal dari operator, dan dari sisi usia baterai.Berikut ini akan dijelaskan secara detil penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya. Tingkat kecerahan dan ukuran layar merupakan faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai.

Semakin cerah tampilan dan semakin besar ukuran layar maka konsumsi daya akan semakin tinggi. Maka pengguna bisa menurunkan tingkat kecerahan layar. Karena selain mengurangi konsumsi daya juga akan lebih bersahabat bagi mata pengguna.

Selain itu, juga bisa dipilih fitur yang bisa mengatur kecerahan layar menyesuaikan dengan kondisi sekitar yakni menu kecerahan adaptif.

Menu ini akan membuat HP secara otomatis menampilkan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan berdampak pada lebih hematnya konsumsi daya.

Selain itu, para pengguna juga bisa mengurangi waktu bagi HP untuk menjalankan mode stand-by. Maka ketika tidak digunakan dalam waktu yang lebih cepat HP akan beralih ke mode stand-by secara otomatis.

Baca Juga: Cobalah Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Ini!

Selain itu, juga agar menghindari untuk memakai wallpaper berupa animasi gambar bergerak yang akan menguras baterai. Wallpaper berwarna gelap juga akan lebih menghemat baterai dibanding yang berwarna terang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait