facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tuanku Imam Bonjol Diklaim Kakek Habib Rizieq, Sejarawan: Belum Ada Bukti, Bisa Saja Dikait-kaitkan

Riki Chandra Selasa, 18 Januari 2022 | 14:42 WIB

Tuanku Imam Bonjol Diklaim Kakek Habib Rizieq, Sejarawan: Belum Ada Bukti, Bisa Saja Dikait-kaitkan
Gaya Kepemimpinan Habib Rizieq. [Foto: Istimewa]

Sejarawan asal Sumatera Barat (Sumbar) turut mengomentari klaiman terkait Tuanku Imam Bonjol kakek Habib Rizieq Shihab.

SuaraSumbar.id - Sejarawan asal Sumatera Barat (Sumbar) turut mengomentari klaiman terkait Tuanku Imam Bonjol kakek Habib Rizieq Shihab. Pernyataan itu disampaikan ustaz Habib Ali bin Jindan dalam ceramahnya beberapa waktu lalu.

Pemerhati sejarah dari STKIP PGRI Sumbar, Syamdani mengatakan, sejarah itu bukan istilah kata. Namun, harus ada bukti dokumen tertulis yang menyatakan kalau Imam Bonjol benar kakek Habib Rizieq.

"Ada dokumen, ada sejarah. Ada nggak bukti tertulisnya. Kalau tidak ada bukti, maka tidak bisa dikatakan sejarah," katanya kepada SuaraSumbar.id, Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, segala sesuatu itu bisa saja dihubung-hubungkan. Dalam hal ini, baru hanya sekedar pernyataan-pernyataan bahwa Habib Rizieq cucunya Tuanku Imam Bonjol, namun dalam sejarah tidak seperti itu.

Baca Juga: Heboh, Ceramah Habib Ali bin Jindan Kaitkan Tuanku Imam Bonjol dengan Rizieq Shihab

"Sampai hari saya belum menemukan bukti dokumen bahwa Imam Bonjol kakek dari Habib Rizieq. Kalau dihubung-hubungkan, kita ini adalah cucu nabi Adam. Tapi pada sejarah tidak seperti itu," sebutnya.

Ia membeberkan kalau Imam Bonjol sendiri merupakan orang Bonjol di kawasan Alahan Panjang dan bukan Alahan Panjang yang berada di Kabupaten Solok saat ini.

"Ini bisa saja dikait-kaitkan. Apalagi dalam konteks politik. Dipolitisisasi agar nimbrung pula orang Minang didalamnya," ujarnya

"Jadi, sejauh ini saya belum ada menemukan dokumen soal Imam Bonjol adalah kakek Habib Rizieq. Atau mungkin memang ada temuan baru soal ini," tutupnya.

Sebelumnya, Habib Ali bin Jindan menyebutkan bahwa pahlawan Tuanku Imam Bonjol merupakan kakek dari Habib Rizieq Shihab. Hal ini disampaikannya dalam sebuah potongan ceramah yang viral di media sosial Twitter.

Baca Juga: Menusuk! Tanya Keberadaan Ferdinand Hutahaean, Nicho Silalahi: Tidak Ada Foto Pakai Rompi Tahanan

"Ada yang koar-kora di depan jamaah, katanya Imam Bonjol adalah kakek dari Rizieq! Dan para jamaah pun manggut-manggut," tulis akun Twitter, @yusuf_dundum, sembari menautkan cuplikan video tersebut, dikutip SuaraSumbar.id, Minggu (16/1/2022).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait