alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Stok Vaksin Cukup, Capaian Vaksinasi Sumbar Masih di Bawah Rata-rata Nasional

Riki Chandra Kamis, 09 September 2021 | 13:10 WIB

Stok Vaksin Cukup, Capaian Vaksinasi Sumbar Masih di Bawah Rata-rata Nasional
Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal. [Dok.Antara]

Capaian vaksinasi Sumatera Barat (Sumbar) masih berada di bawah rata-rata nasional.

SuaraSumbar.id - Capaian vaksinasi Sumatera Barat (Sumbar) masih berada di bawah rata-rata nasional. Setidaknya, ada 9 daerah yang didesak Presiden Jokowi untuk mengakselerasi capaian vaksinasi, termasuk Sumbar.

Hal itu dinyatakan Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. Menurutnya, data terkini vaksinasi Covid-19 Sumbar per tanggal 7 September 2021, total vaksinasi dosis pertama di Sumbar mencapai 17,56 persen atau 777.780 dari total sasaran vaksinasi 4.408.509 sasaran. Sedangkan untuk vaksinasi kedua, baru mencapai 9,80 persen.

Menurut Jasman, Gubernur Sumbar mengharapkan agar vaksinasi segera digencarkan lagi. Sebab untuk jumlah stok vaksin Covid-19 di Sumbar, sangat cukup.

“Hampir setiap hari vaksin datang dari Jakarta. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Sumbar, per tanggal 7 September 2021, total stok vaksin Covid-19 yang ada di Gudang Vaksin Dinas Kesehatan Sumbar, mencapai 198,588 dosis,” katanya, dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Pasaman Terapkan PPKM Level 3, Polisi Perketat Patroli

Dia merincikan, stok vaksin tersebut terdiri dari vaksin Sinovac 41.900 dosis, Astrazeneca 2.550 dosis, Moderna 8.568 dosis dan Coronavac 145.570 dosis. Selain stok diatas, juga terdapat 1.705.712 dosis stok vaksin yang telah didistribusikan di Kabupaten dan kota.

Sebenarnya, kata Jasman, minat vaksin masyarakat Sumbar sangat tinggi. Terbukti dari hampir setiap lokasi vaksinasi selalu ramai warga yang antusias ingin divaksin.

“Tidak hanya fasilitas kesehatan pemerintah saja yang melakulan vaksinasi, institusi dan lembaga swasta pun tidak sedikit yang menggelar vaksinasi,” imbuhnya.

“Hanya strategi vaksin kita saja yang kurang tepat dan sesuai arahan Gubernur Sumbar, kiranya kabupaten kota agar segera mengebut pencapaian vaksinasi di daerah masing-masing,” katanya lagi.

Jasman juga menambahkan, untuk mempertegas himbauan peningkatan vaksinasi di daerah, dalam waktu dekat Gubernur secara resmi akan menerbitkan surat edaran tentang akselerasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sumbar.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Larang Daerah Terdampak PPKM Level 4 Gelar Sekolah Tatap Muka

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait