alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar, Penyebabnya Puntung Rokok

Riki Chandra Senin, 22 Februari 2021 | 17:12 WIB

Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar, Penyebabnya Puntung Rokok
Kebakaran lahan gambut di Pasaman Barat. [Dok.Covesia.com]

Kebakaran di lahan gambut sudah berlangsung sejak Kamis (18/2/2021). Luas lahan yang terbakar mencapai 1,5 hektare.

SuaraSumbar.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di Sumatera Barat. Setelah di kawasan Agam dan Pesisir Selatan, kebakaran lahan kini terjadi di Kabupaten Pasaman Barat.

Kebakaran terjadi di kawasan perkebunan kelapa sawit Plasma Batang Alin Permai Blok 10, Jorong Lubuk Juangan, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur.

Informasinya, kebakaran di lahan gambut sudah berlangsung sejak Kamis (18/2/2021). Luas lahan yang terbakar mencapai 1,5 hektare.

"Lahan yang terbakar ini lahan gambut dan memang mudah terbakar. Diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan," kata Danramil 06/Ujung Gading, Kapten Inf Abdul Kadir, dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Sah! Rusma Rusma-Rudi Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Terpilih

Pihaknya mengaku menemukan sejumlah kendala dalam proses pemadaman api. Salah satunya karena sulitnya sumber air.

"Semula, pemadaman dilakukan dengan ember saja bersama warga. Setelah itu kami minta bantuan selang air PT Agrowiratama dan mobil pemadam kebakaran," katanya.

"Titik api sudah tidak terlihat lagi. Tapi kita masih akan terus melakukan penyiraman mengantisipasi kemungkinan adanya titik api yang tidak terlihat," sambungnya lagi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait