facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tragis! Pasien Buta Usai Operasi Gara-gara Dokter Angkat Mata Sehat, Pihak RS: Kami Sangat Menyesal

Riki Chandra Kamis, 30 Juni 2022 | 18:15 WIB

Tragis! Pasien Buta Usai Operasi Gara-gara Dokter Angkat Mata Sehat, Pihak RS: Kami Sangat Menyesal
Operasi Lasik [shutterstock]

Seorang dokter tidak sengaja mengangkat mata yang masih sehat milik seorang pasien selama operasi mata. Akibat kesalahan ini, sang pasien menjadi buta.

SuaraSumbar.id - Seorang dokter tidak sengaja mengangkat mata yang masih sehat milik seorang pasien selama operasi mata. Akibat kesalahan ini, sang pasien menjadi buta.

Insiden ini terjadi ketika pasien yang tidak disebutkan identitasnya, memeriksakan matanya yang bermasalah. Ia pun diminta untuk menjalani operasi pengangkatan mata.

Setelah penyelidikan, diketahui bahwa para dokter kurang memperhatikan detail selama operasi. Jadi, saat sang pasien bangun setelah menjalani prosedur operasi, pria tersebut ketakutan karena dirinya mendadak buta.

Kecelakaan ini pun membuat pihak rumah sakit meminta maaf kepada keluarga pasien, sekaligus bersikeras untuk membantunya mengatasi trauma.

Baca Juga: Parah! Dokter Ini Tidak Sengaja Mengangkat Mata yang Sehat saat Operasi

"Kami sangat menyesal terhadap peristiwa tragis ini. Rumah sakit telah memberikan kerja sama penuh kepada pasien dan keluarganya dalam mengurangi konsekuensi, baik medis, psikologis, maupun sosial," kata juru bicara Rumah Sakit Ruzinov, Eva Kliska, dikutip dari Suara.com, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, dilansir New York Post, dokter yang bertanggung jawab atas kesalahan ini telah dibebaskan. Meski begitu, pihak rumah sakit mengatakan bahwa mereka telah melatih kembali staf dalam upaya mencegah masalah kornea lainnya.

"Pengelolaan protokol operasi aman dilakukan di ruang operasi, diikuti dengan kepatuhan terhadap aturan perawatan pasca operasi," kata Kliska.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait