facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Termasuk Main HP

Riki Chandra Rabu, 22 Juni 2022 | 10:15 WIB

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Termasuk Main HP
Ilustrasi susah tidur. (Pexels.com/Ivan Samkov)

Kualitas tidur yang baik akan setara dengan kesehatan yang baik pula.

SuaraSumbar.id - Kualitas tidur yang baik akan setara dengan kesehatan yang baik pula. Dengan begitu, kebutuhan akan tidur harian sangat penting, agar energi dapat terpenuhi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun bagi beberapa orang, susah tidur malam adalah masalah yang berlarut-larut. Jika dibiarkan, bukan hanya akan memengaruhi waktu tidur tetapi juga kesehatan jangka pendek hingga jangka panjang.

Dikutip dari Alo Dokter, berikut lima penyebab susah tidur paling umum yang banyak dialami oleh masyarakat, dikutip dari Suara.com.

1. Stres
Stres merupakan salah satu penyebab susah tidur paling umum. Stres bisa memengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kadar hormon kortisol meningkat. Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh tidak rileks dan mengganggu tidur.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Efektif

2. Kafein
Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh enam jam menjelang tidur bisa menyebabkan susah tidur. Kafein bisa menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.

3. Makan
Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menyebabkan susah tidur di malam hari. Saat makan, tubuh melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses ini membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu hingga menyebabkan terjaga di malam hari.

4. Main Gadget atau HP
Tanpa disadari, kebiasaan bermain gadget menjelang waktu tidur bisa membuat susah tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar gadget bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menjadi susah tidur.

5. Kurang Sinar Matahari
Meski terdengar tidak masuk akal, kurang terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Paparan sinar matahari pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur

Selain beberapa hal di atas, susah tidur juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman, baru melakukan perjalanan jauh dengan zona waktu berbeda, hingga efek dari konsumsi obat tertentu seperti metylphenidate.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait