facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Fakta Andrew Kalaweit, 'Tarzan Kalimantan' yang Tinggal di Hutan 24 Jam dan Sindir Artis Pelihara Satwa Liar

Riki Chandra Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:15 WIB

7 Fakta Andrew Kalaweit, 'Tarzan Kalimantan' yang Tinggal di Hutan 24 Jam dan Sindir Artis Pelihara Satwa Liar
Pofil Andrew Kalaweit (Instagram/@andrewkalaweit)

Pemuda pecinta alam yang dijuluki 'Tarzan Kalimantan' ini berkisah banyak hal, termasuk menyindir sejumlah artis yang memelihara satwa liar.

SuaraSumbar.id - Nama Andrew Kalaweit semakin dikenal sejak muncul di acara podcast Deddy Corbuzier. Pemuda pecinta alam yang dijuluki 'Tarzan Kalimantan' ini berkisah banyak hal, termasuk menyindir sejumlah artis yang memelihara satwa liar.

Andrew Kalaweit menilai, memelihara satwa liar adalah pelanggaran karena memperjualbelikan satwa liar. "Itu adalah hal yang sangat salah karena di video-video mereka yang memperjualbelikan satwa liar. Banyak banget konten unboxing, monyet misalnya. Yang berarti baru mereka beli," katanya dikutip dari Suara.com, Sabtu (21/5/2022).

Selain memelihara satwa liar, Andrew Kalaweit juga menilai cara edukasi selebriti yang memelihara satwa liar juga keliru.

"Dengan pelihara aja udah sangat salah. Apalagi mengedukasikan dengan cara seperti itu," sambungnya.

Baca Juga: Andrew Kalaweit Blak-blakan Sindir Seleb yang Pelihara Satwa Liar: Itu Sangat Salah

Alih-alih dijadikan hewan peliharaan, Andrew Kalaweit menilai satwa liar seharusnya dibiarkan hidup di habitat aslinya. "Seharusnya kan sebagai pecinta satwa mau mereka bahagia hidup di alam," bebernya.

Pemuda blasteran Prancis-Indonesia itu pun aktif di media sosial terutama di kanal YouTube-nya yang kini punya lebih dari satu juta subscribers. Berikut 7 fakta menarik tentang Andrew Kalaweit.

1. Putra Aktivis Lingkungan

Andrew Kalaweit adalah putra dari aktivis lingkungan berdarah Prancis, Aurelien Francis Brule dan sang ibunda asli Kalimantan Tengah bernama Nur Pradawati. Pemuda tampan kelahiran Kalimantan tahun 2004 ini tinggal di hutan Kalimantan bersama keluarganya. Semenatara itu ayah Andrew yang juga akrab disapa Chanee Kalaweit merupakan pendiri dari Yayasan Kalaweit yang telah berjuang melindungi keanekaragaman hayati di Indonesia sejak 1998 silam.

2. Ikuti Jejak Sang Ayah Punya Minat Pada Alam

Baca Juga: Andrew Kalaweit Menyayangkan Artis Pelihara Satwa Liar di Rumah, Warganet Sindir Alshad Ahmad dan Irfan Hakim

Andrew punya ketertarikan pada alam mengikuti jejak sang ayah. Ia membuat beragam konten di hutan Borneo seperti berkeliling hutan dengan kuda, melihat aktivitas monyet di alam liar, mengeksplorasi hutan hujan, hingga mencari desa tak berpenghuni di tengah hutan.

3. Video Di Alam Liar

Salah satu video Andrew Kalaweit yang paling banyak ditonton adalah "24 Hours In The Middle of a Jungle ALONE!". Dalam video tersebut, Andrew mengabadikan aksinya berada di hutan selama 24 jam seorang diri. Sejauh ini video itu telah ditonton lebih dari 8,6 juta. Video Andrew Kalaweit yang tak kalah menarik perhatian berjudul "24 JAM di danau BUAYA Kalimantan. Angker??" Video yang telah diunggah sebulan lalu itu telah disaksikan lebih dari 4,2 juta kali.

4. Tetap Bersekolah Meski Hidup di Hutan

Dalam kanal YouTube-nya, Andre juga sempat membagikan video tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah apakah Andrew bersekolah di hutan. Dengan mantap Andrew mengatakan dirinya tetap bersekolah meski hidup di tengah hutan.

"Yes. Walau aku tinggal di hutan, aku tetap sekolah. Mobile homeschooling, jadi lewat Zoom seperti kalian. Mungkin kalian akan menanyakan, apakah di rumahku di tengah hutan ada internet. Yes, ada, jadi kita pakai parabola besar dan langsung tembak ke satelit," ungkapnya. Namun Andrew menjelaskan bahwa internetnya tidak begitu baik karena sangat terpengaruh oleh cuaca. "Tapi, intinya aku sekolah," tegasnya.

5. Punya Hobi dan Keterampilan Ekstrem

Walau punya darah Prancis, Andrew Kalaweit memilih untuk menjadi WNI. Ia mengatakan sudah dikenalkan dengan hutan dan satwa liar sejak masih balita. Andrew pun punya hobi dan keterampilan cukup ekstrem seperti memanjat pohon tinggi di tengah hutan dan bersantai di atasnya. Bahkan Andrew pernah memanjat pohon setinggi 25 meter hanya dengan modal tali dan hammock.

6. Jago Selancar dan Berkuda

Selain itu Andrew Kalaweit juga merupaka pilot paramotor yang bisanya ikut mendampingi sang ayah memantau hutan dari atas langit. Bukan hanya mahir mengemudikan speedboat, Andrew juga jago bermain wakeboarding (selancar) hingga berkuda di tengah hutam Kalimantan.

7. Ingin Bikin Film Dokumenter Alam Liar

Andrew Kalaweit mengaku punya niat untuk membuat film dokumenter mengenai alam liar. Ia ingin kesadaran dan kecintaan anak muda bagi keanekaragaman hayati lebih meningkat lagi khususnya di Indonesia. Paras tampan Andrew juga sukses membuat kaum hawa jadi jatuh hati hingga pria ini dijuluki "Tarzan Kalimantan".

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait