facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sewa Pesawat Garuda Terbang ke AS, Presiden Jokowi Disindir Mantan Menteri: Katanya Krisis

Riki Chandra Kamis, 12 Mei 2022 | 13:15 WIB

Sewa Pesawat Garuda Terbang ke AS, Presiden Jokowi Disindir Mantan Menteri: Katanya Krisis
Jokowi saat hendak terbang ke AS menggunakan pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS).

SuaraSumbar.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS).

Rombongan pemimpin negara itu berangkat ke AS untuk menghadiri pertemuan US-ASEAN Special Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat di Washington DC pada 11-13 Mei 2022.

Selama di AS, Jokowi disibukkan dengan berbagai agenda kegiatan. Di antaranya, bertemu dengan anggota Kongres AS, para CEO besar AS, Wakil Presiden AS, tim perubahan iklim AS dan KTT khusus ASEAN dan AS sekaligus bertemu dengan Joe Biden.

Jokowi mengatakan jika Indonesia dipilih sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat untuk periode 2021-2024.

Baca Juga: Pesan Menohok, Mantan Perwira TNI Ini Minta Presiden Jokowi Tiru Soeharto dan Pilih Mundur

Hal itu membuat Jokowi berharap dengan pertemuan tersebut bisa membawa dampak positif bagi negara-negara ASEAN dan juga Negeri Paman Sam itu.

Menariknya, Jokowi terbang ke AS tidak menggunakan pesawat kepresidenan, melainkan dengan pesawat charter dari maskapai Garuda Indonesia.

Dengan nama kode GIA-001, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan jika pesawat yang digunakan Jokowi, Iriana serta rombongan harus memiliki spesifkasi perjalanan jarak jauh.

Haru Budi Hartono mengatakan, jika menggunakan pesawat kepresidenan akan memerlukan dua kali transit. Sedangkan untuk pesawat charter Garuda hanya memerlukan satu kali transit.

Dari segi jumlah, pesawat kepresidenan hanya muat 48 orang sedangkan rombongan serta Jokowi dan Iriana yang berangkat ke AS berjumlah 62 orang.

Baca Juga: Sebut Demo Minta Jokowi Mundur Tak Tahu Konstitusi, Irma Suryani: Jangan Klaim Atas Nama Rakyat

Pemberitaan itu pun dikomentari mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. "Penjelasan Istana bahwa "Tdk naik Pesawat Kepresidenan" ini MIRIP kata "Menolak (tapi minta lebih) di Sidang" itu RI-001 justru hanya B-737-BBJ, sedangkan ini malah B-777-300ER Garuda tetapi DI-CAT BARU "Garuda Pancasila + Republik Indonesia", beda! Gpp khan untuk "Sowan" AMBYAR," kata Roy Suryo dikutip dari Hops.id - jaringan Suara.com, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait