facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beruang Madu Kena Jerat Babi Hutan di Solok Selatan, Kakinya Luka

Riki Chandra Selasa, 25 Januari 2022 | 17:51 WIB

Beruang Madu Kena Jerat Babi Hutan di Solok Selatan, Kakinya Luka
Ilustrasi beruang madu. [Shutterstock]

Seekor beruang madu kena jerat di kawasan Jorong Sungai Kapur, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa (25/1/2022).

SuaraSumbar.id - Seekor beruang madu kena jerat di kawasan Jorong Sungai Kapur, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa (25/1/2022). Satwa bernama latin Helarctos Malayanus itu pun akhirnya diselamatkan BKSDA Sumbar.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono mengatakan, pihaknya menerima informasi beruang madu terjerat ini dari Kepala Jorong Sungai Kapur. Beruang tersebut kena jerat yang sebetulnya diperuntukan untuk jerat babi hutan.

"Petugas bersama tim medis dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Dharmasraya mengevakuasi beruang yang terkena jerat babi hutan berupa tali nilon, satwa tersebut mengalami luka pada bagian kaki sebelah kiri," katanya.

Ia mengatakan proses evakuasi satwa berjalan dengan lancar, tim sekaligus melakukan penanganan medis terhadap luka akibat jerat.

Baca Juga: Heboh Beruang Madu Melintas ke Pemukiman Warga di Agam

"Setelah dilakukan observasi beberapa jam, dan melihat kondisi satwa yang bisa beraktivitas normal, tim memutuskan satwa beruang ini layak untuk dilepasliarkan ke habitat nya kembali," katanya.

Sementara itu, lokasi lepas liar satwa beruang ini yaitu di areal ABKT PT. Bukit Raya Medusa(BRM) yang berdekatan dengan Kawasan Cagar Alam Batang Pangean II.

Ardi Andono menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi Beruang ini, beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak ada lagi memasang jerat, karena efek dari jerat ini bisa melukai dan membunuh satwa satwa yang dilindungi termasuk Harimau Sumatera. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait