facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Alexander Graham Bell, Ini Sosok Penemu Telepon Pertama di Dunia

Riki Chandra Jum'at, 07 Januari 2022 | 05:15 WIB

Bukan Alexander Graham Bell, Ini Sosok Penemu Telepon Pertama di Dunia
Ilustrasi telepon. [Dok.Hops.id]

Banyak yang mempercayai bahwa tokoh penemu telepon pertama adalah Alexander Graham Bell. Dalam sejarah, dia menemukan telepon pada tahun 1876.

SuaraSumbar.id - Banyak yang mempercayai bahwa tokoh penemu telepon pertama adalah Alexander Graham Bell. Dalam sejarah, dia menemukan telepon pada tahun 1876.

Pengakuan tersebut sudah berlangsung cukup lama dimana telepon menjadi terobosan dari perkembangan teknologi menggantikan telegram sebagai alat komunikasi, dan telepon menjadi penemuan spektakuler untuk bisa berkomunikasi jarak jauh.

Alexander Graham Bell sendiri menjadi tokoh yang sangat dikenal banyak masyarakat dunia dan menjadi terapan di dunia pendidikan dan science terhadap penemuan paling berpengaruh di muka bumi.

Mengutip Hops.id - jaringan Suara.com, setelah lebih dari satu abad dunia mengenal Graham Bell sebagai otak di balik penemu telepon pertama, ternyata terdapat penelitian yang memperkuat tokoh penemu telepon pertama bukan Graham Bell.

Baca Juga: Sedih, Ibu Curhat Anak Tak Menjawab Telepon Selama 9 Bulan, Alasannya Bikin Nangis

Beberapa nama justru muncul sebagai penemu telepon pertama, seperti Elisha Gray. Hingga akhirnya pada 11 Juni 2002, Kongres di Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai tokoh penemu telepon pertama.

Meucci merupakan pria kelahiran Florence, Italia pada 1808, dari pasangan Amatis Meucci dan Domenica Pepi. Lahir sebagai anak pertama dari sembilan bersaudara dari ayah seorang pegawai pemerintahan setempat sekaligus seorang polisi, sementara ibunya seorang wanita rumah tangga.

Kecerdasan Meucci sebenarnya telah muncul pada usia 15 tahun ketika dirinya terdaftar sebagai murid termuda di Florence Academy of Fine Arts. Dia mengambil jurusan teknik mesin dan kimia.

Sayangnya, kondisi ekonomi yang tidak mendukung, Meucci tetap meneruskan pendidikannya sambil bekerja sebagai pegawai bea cukai pemerintah setempat.

Peluangnya bekerja berlanjut ketika dirinya mendapat kesempatan sebagai teknisi panggung di operas house bersejarah di Florence, Teatro Della Pergola.

Baca Juga: Nia Ramadhani Tahan Tangis Telepon Anak Usai Dituntut Setahun Rehabilitasi

Awal mulai pekerjaan inilah pada tahun 1834, Meucci merancang telepon pipa akustik yang menghubungkan antara panggung dengan ruang kontrol teater.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait