alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Polisi Tak Tahan 5 Pelaku Penipuan Pakai Surat Bertanda Gubernur Sumbar, Ini Alasannya

Riki Chandra Rabu, 18 Agustus 2021 | 08:15 WIB

Polisi Tak Tahan 5 Pelaku Penipuan Pakai Surat Bertanda Gubernur Sumbar, Ini Alasannya
Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol RFernanda. [Suara.com/B. Rahmat]

Lima terduga pelaku yang meminta uang ke sejumlah instansi bermodalkan surat yang ditandatangani Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansarullah tidak ditahan Polisi.

SuaraSumbar.id - Lima terduga pelaku yang meminta uang ke sejumlah instansi bermodalkan surat yang ditandatangani Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansarullah tidak ditahan Polisi. Hal itu disebabkan karena kelima orang ini mengaku bahwa surat itu asli dari gubernur.

Kasat Reskrim Polresta Kompol Rico Fernanda mengatakan, hasil dari pemeriksaan kamaren bahwa kelima orang tersebut mengaku memiliki bukti bahwa tandatangan gubernur di dalam surat itu adalah asli.

"Kami belum bisa menahan kelima orang ini, karena kelima orang ini mengaku bahwa surat itu adalah asli. Berasal dari gubernur dan orang kepercayaanya," katanya, Selasa (17/8/2021).

Saat pemeriksaan, kata dia, kelima orang ini juga mengaku bahwa hal serupa juga pernah dilakukan pada tahun 2016 dan 2018. Ketika itu diketahui Mahyeldi menjabat sebagai Wali Kota Padang.

Baca Juga: Waspada! Akun Bodong Atas Nama Jasa Raharja: Modus Penipuan Info Loker

"Yang jelas kita belum bisa melakukan penahanan. Kita tunggu keterangan dari Bappeda Sumbar pada Sabtu depan," katanya.

Diketahui, kelima orang yang mengunakan surat gubernur untuk meminta uang masing-masing berinisial berinisial Do (46), DS (51), Ag (36) MR (50) dan DM (36). Mereka bukan pegawai maupun honorer Bappeda Sumbar.

Kemudian satu orang di antaranya merupakan direktur perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan majalah. Perusahaan inilah diduga mengajukan permohonan kepada gubernur.

Berdasarkan data yang diterima SuaraSumbar.id, setidaknya sudah 21 pihak yang menerima surat dan telah mengirimkan uang dengan jumlah beragam ke rekening pribadi yang bersangkutan.

Kontributor : B Rahmat

Baca Juga: Hati-hati Akun Penipuan Lowongan Kerja Atas Nama Jasa Raharja

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait