alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemenkumham Sumbar Buka 240 Formasi CPNS 2021, Semuanya untuk Lulusan SMA Sederajat

Riki Chandra Kamis, 01 Juli 2021 | 17:31 WIB

Kemenkumham Sumbar Buka 240 Formasi CPNS 2021, Semuanya untuk Lulusan SMA Sederajat
Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R.Andika Dwi Prasetya. [Suara.com/ B. Rahmat]

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R.Andika Dwi Prasetya mengatakan, penerimaan CPNS tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

SuaraSumbar.id - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan sebanak 240 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021. Semua formasi tersebut disediakan untuk lulusan SMA sederajat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R.Andika Dwi Prasetya mengatakan, penerimaan CPNS tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 111 formasi.

"240 orang tersebut merupakan untuk lulusan SLTA/sederajat dengan rincian akan bertugas sebagai penjaga tahanan 226 orang pria dan 13 perempuan serta bertugas di bagian pemeriksa keimigrasian dengan kuota satu orang," katanya, Kamis (1/7/2021).

Menyambung pesan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, Andika menjelaskan bahwa formasi tenaga kesehatan diperuntukkan bagi jabatan dokter, perawat, dan bidan.

Baca Juga: Formasi CPNS 2021 Kementerian ESDM untuk Lulusan SMK, S1, D3 dan S2

"Formasi tenaga teknis diperuntukkan bagi jabatan pranata komputer, analis hukum, dan pembimbing kemasyarakatan bagi jenjang pendidikan D-3, S-1, dan S-2. Ada pula jabatan penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian bagi jenjang pendidikan SMA," katanya.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk dinyatakan lulus seleksi CPNS. Pertama, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id pada 30 Juni - 21 Juli 2021.

Untuk tahapannya, peserta diwajibkan membuat akun. Setelah berhasil membuat akun, peserta mengikuti seleksi administrasi dengan mengunggah dokumen sesuai persyaratan untuk diverifikasi oleh panitia.

Kemudian tahapan seleksi admnistrasi dan pengumumannya dilaksanakan sekitar tanggal 28-29 Juli 2021. Para calon peserta dapat secara langsung melihat apakah mereka lolos seleksi administrasi atau tidak dalam kurun waktu tersebut.

"Bagi calon peserta yang tidak lulus seleksi administrasi, diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan pada kisaran tanggal 30 Juli sampai 01 Agustus 2021. Panitia akan memberikan jawaban sanggah sekitar tanggal 30 Juli hingga 08 Agustus 2021," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Cek Daftar Instansi CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id, Sudah Bisa Diakses

Untuk menghindari permasalahan dalam masa pendaftaran dan seleksi administrasi, disarankan sebelum mendaftar di laman BKN, calon peserta terlebih dahulu membaca secara detil dan seksama terkait berbagai syarat dan ketentuan yang diperlukan di laman cpns.kemenkumhan.go.id. Hal ini untuk menghindari calon peserta gugur dalam proses seleksi administrasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait