facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Markis Kido, Sang Legenda Periah Medali Emas Olimpiade Berpulang

Tasmalinda Selasa, 15 Juni 2021 | 10:54 WIB

Markis Kido, Sang Legenda Periah Medali Emas Olimpiade Berpulang
Mantan pebulu tangkis andalan Indonesia, Markis Kido meninggal. [Instagram yuni,kartika73] Markis Kido, Sang Legendaris Bulutangkis Olimpiade Berpulang

Legendaris bulutangkis Indonesia peraih medali emas olimpiade Markis Kido berpulang.

SuaraSumbar.id - Legenda bulutangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia di usia 36 tahun pada Senin (14/6/2021) malam. Diduga akibat serangan jantung, ia berpulang saat bermain bulutangkis di kawasan Tangerang.

Markis Kido, peraih medali emas Olimpiade juga menyumbang sederet prestasi lainnya.

Pebulutangkis kelahiran 11 Agustus 1984, memulai karier bersama klub Jaya Raya Jakarta, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kemudian meliriknya.

Setelah meraih medali emas Kejuaraan Junior Asia pada 2002, Kido turut terpilih sebagai bagian tim beregu putra Indonesia di SEA Games Vietnam 2003. Saat itu, ia sukses membantu skuad Merah Putih meraih medali emas.

Baca Juga: Tegas! Polda Sumbar Bakal Berantas Semua Aksi Premanisme

Markis Kido mulai bersinar saat berpasangan dengan Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Kombinasi Kido/Hendra menghasilkan prestasi mentereng setelah keduanya memutuskan hengkang dari pelatnas PBSI pada 2009.

Mulai dari SEA Games, Asian Games, Piala Dunia, Kejuaraan Dunia, hingga Olimpiade sudah pernah Markis Kido dan Hendra Setiawan persembahan bagi Indonesia.

Kebersamaan Kido/Hendra berakhir pada penghujung 2012. Setelah gagal lolos ke Olimpiade London, Hendra memutuskan kembali ke Pelatnas sementara Kido tetap bertahan sebagai pemain profesional.

Saat Hendra bermain dengan Mohammad Ahsan, Kido mendapat partner Marcus Fernaldi Gideon yang pada 2013 keluar dari Pelatnas PBSI.

Markus Kido masih bisa menuai beberapa gelar juara. Prestasi terbaiknya adalah kampiun French Open 2013 dan Indonesia Masters 2014.

Baca Juga: Padang Pariaman Satu-satunya Daerah Zona Merah Covid-19 di Sumbar

Dia tak hanya tampil di nomor ganda putra selepas keluar dari Pelatnas PBSI. Kido turut terjun di sektor ganda campuran dan berpartner dengan adiknya, Pia Zebadiah Bernadet.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait