Riki Chandra
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Foto/Siswowidodo)

SuaraSumbar.id - Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, bakal kembali merekrut sebanyak 1.200 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

"Kita telah mengusulkan sekitar 1.200 PPPK ke Kemendikbud," kata Kepala BKPSDM Pasaman Barat, Saifudin Zuhri, dikutip dari Klikpositif.com - jaringan Suara.com, Senin (15/2/2021).

Menurutnya, Kemendikbud memiliki program pengangkatan sejuta guru di tahun 2021. Pengangkatan itu kebanyakan diperuntukkan untuk tenaga guru di sekolah dasar.

"Kita saat ini sangat membutuhkan tenaga guru di sekolah dasar. Namun dengan catatan yang memiliki NUPTK pengajar yang terdaftar di Dinas Pendidikan atau memiliki sertifikasi pendidik," katanya.

Baca Juga: Warga Miskin Sumbar Bertambah 20.056 Ribu Orang, Salah Satunya Gegara Rokok

"Yang sertifikasi pendidik dan tidak mengajar, tetap bisa mendaftar. Siapa saja boleh mendaftar, baik honorer atau sukarela tetapi dengan syarat yang telah memiliki NUPTK," sambungnya lagi.

Menurutnya, biaya program sejuta guru dari PPPK yang dicanangkan Kemendikbud, ditanggung pemerintah pusat.

"PPPK ini program Kemendikbud dan biayanya semua dari sana semua, kemarin itu hasil pertemuan yang dilakukan di Batam, kalau gak salah dua bulan yang lalu," tuturnya.

Menurut Saifudin, metode perekrutan PPPK mendatang memiliki keistimewaan. Rencananya, lulus sekali dan tes dua kali serta ada pendampingan khusus guru.

"Mungkin perekrutan PPPK ini dilaksanakan April atau Mei. Tapi yang pastinya akan dilakukan dalam waktu dekat," katanya.

Baca Juga: 17 Kasus Pencabulan Ditangani Polres Bukittinggi, Korban Mayoritas Bocah

Komentar