Pernah Sama-sama Berburu di Hutan, Ki Kusumo Kenang Sosok Ki Joko Bodo yang Unik: Nggak Seram Kayak Tampilannya!

Paranormal dan produser film Ki Kusumo mengaku cukup dekat dengan sosok Ki Joko Bodo yang meninggal dunia pada 22 November lalu dalam usia 58 tahun.

Riki Chandra
Kamis, 24 November 2022 | 09:54 WIB
Pernah Sama-sama Berburu di Hutan, Ki Kusumo Kenang Sosok Ki Joko Bodo yang Unik: Nggak Seram Kayak Tampilannya!
Foto kenangan Ki Kusumo (kanan) bersama Ki Joko Bodo (kiri). [dokumentasi pribadi]

SuaraSumbar.id - Paranormal dan produser film Ki Kusumo mengaku cukup dekat dengan sosok Ki Joko Bodo yang meninggal dunia pada 22 November lalu dalam usia 58 tahun.

Saat sama-sama aktif sebagai paranormal, Ki Kusumo mengaku sering bertemu Ki Joko Bodo. Ia sering bertamu ke rumah Ki Joko, begitu pun sebaliknya.

"Saya kenal beliau tahun 1990-an. Sejak dulu berkawan dalam berbagai hal, kenalnya panjang ceritanya, enggak hanya sebentar. Pernah syuting bareng di TV, berburu bareng ke hutan, pernah ngerjain yang berbau spiritual bersama-sama," kata Ki Kusumo, saat ditemui di acara pemakaman Ki Joko Bodo di TPU Kober, Jatiwaringin, Bekasi, Selasa (22/11/2022).

Selama mengenal Ki Joko Bodo, Ki Kusumo menilai sahabatnya itu sosok yang baik, lucu, dan suka ceplas-ceplos saat bicara.

Baca Juga:Sesama Paranormal, Ki Kusumo Kenang Sosok Ki Joko Bodo: Unik dan Sering Bercanda

"Dia orangnya unik, seniman. Kadang ngomong ceplas ceplos. Apa yang dipikir, diomongin. Kawan-kawan sama-sama mengerti. Kadang orang awam tak tahu. Sebenarnya orangnya sering becanda dalam keseharian. Enggak seram seperti penampilan. Secara pertemanan care sama teman, saling dukung saling bantu," kata Ki Kusumo, dikutip dari Suara.com.

Ki Kusumo juga mengetahui kalau Ki Joko Bodo sudah lama mengidap penyakit. Namun gara-gara pandemi, Ki Kusumo mengaku hampir putus kontak dengan lelaki pemilik nama asli Agus Yulianto itu.

"Terakhir bareng itu kan ada kerjaan ke luar negeri bareng. Setelah sakit sulit dihubungi. Sempat cerita minta doa aja, lagi sakit. Sampai ada kabar meninggal. Jadi firasat khusus sih enggak ada. Apalagi selama Covid itu, enggak ada kabarnya sama sekali," imbuh Ki Kusumo.

Ki Kusumo pun turut senang mendengar Ki Joko Bodo belakangan mendalami Islam dan lebih tekun beribadah.

"Sebenarnya bukan berhenti dari paranormal, hanya memang belakangan dia lebih mendalami agama. Baik lah, setiap orang kan punya perjalanan hidup, ada fase di mana tidak baik, setengah baik dan menjadi baik. Setiap manusia kan pasti punya salah, tapi kalau sudah berusaha memperbaiki diri, ya bagus. Pas sakit itu pola hidupnya berubah, lebih rajin saalatnya," tutur Ki Kusumo.

Baca Juga:Rumor Ki Joko Bodo Meninggal Dunia kerena Guna-Guna, sang Istri Bicara Fakta Sebenarnya

Ki Kusumo pun berharap Ki Joko Bodo diterima segala amal ibadahnya dan ditempatkan di surga. Sementara untuk keluarga diberi kesabaran dan keikhlasan.

Lifestyle

Terkini

Kabar pernikahan Ariel NOAH dengan Bunga Citra Lestari (BCL) beredar di media sosial.

News | 17:39 WIB

Dedi berharap masyarakat bisa memanfaatkan perpanjangan untuk segera mengurus pembayaran pajak dan denda pajak kendaraannya.

News | 17:24 WIB

hukuman cambuk 21 kali dikurangi masa tahanan empat bulan atau empat kali cambukan.

News | 17:16 WIB

Keduanya dilimpahkan ke Seksi Paminal Polres Lampung Selatan sebelum di persidangkan di pengadilan.

News | 17:00 WIB

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

News | 15:33 WIB

Menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji merupakan sebuah impian dan pencapaian spiritual tersendiri bagi umuat muslim.

News | 14:15 WIB

WhatsApp meluncurkan fitur mengirim pesan ke nomor sendiri atau Message Yourself untuk pengguna iOS dan Android.

News | 13:15 WIB

TikTok berencana membuka lowongan kerja untuk 3.000 engineer baru di seluruh dunia.

News | 12:15 WIB

Penggiat Pemilu Sumatera Barat (Sumbar), Surya Efitrimen mengatakan bahwa potensi terjadinya politik uang di Sumbar cukup tinggi.

News | 10:15 WIB

Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti memperkuat skuad Garuda pada Piala AFF 2022, meski Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

News | 09:15 WIB

Serangn terhadap Capres Partai Nasdem, Anies Baswedan, dinilai semakin menjadi-jadi

News | 07:15 WIB

Kisah Silvia, seorang perempuan yang sudah 21 tahun hidup di atas kursi roda.

News | 05:25 WIB

Pinkan Mambo mengatakan bahwa mantan rekan duetnya di duo Ratu, Maia Estianty, sangat membenci Mulan Jameela.

News | 05:10 WIB

Realisasi PAD itu berasal dari pajak daerah Rp 29,65 miliar dari target Rp 45,67 miliar atau 65,12 persen.

News | 17:55 WIB

Sebanyak 6.400 paket pun disiapkan.

News | 17:12 WIB
Tampilkan lebih banyak