facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Smartfren Unlimited Bikin Pelajar Nyaman Akses Internet, Ringankan Beban Orang Tua Saat Pandemi Covid-19

Riki Chandra Kamis, 30 Juni 2022 | 09:57 WIB

Smartfren Unlimited Bikin Pelajar Nyaman Akses Internet, Ringankan Beban Orang Tua Saat Pandemi Covid-19
Salah seorang mahasiswi di Kota Padang yang beralih ke Smartfren Unlimited sejak belajar online saat pandemi Covid-19. [Dok.Riki Chandra]

Baru-baru ini, Smartfren menghadirkan paket Unlimited Nonstop yang bisa digunakan pelanggan untuk mengakses semua aplikasi selama 24 jam.

SuaraSumbar.id - Proses belajar dan mengajar tatap muka di sekolah-sekolah dan di kampus-kampus seluruh Indonesia, sempat berhenti total. Kebijakan itu diambil pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19 yang mulai mewabah di Tanah Air dua tahun lalu.

Akhir Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengambil langkah serius dengan melarang buka sekolah dan kampus. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online dari rumah masing-masing. Upaya itu sejalan dengan kebijakan physical distancing (menjaga jarak fisik) yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pandemi Covid-19 mengubah rutinitas dan kebiasaan manusia di luar ruangan. Begitu juga dengan pelajar dan mahasiswa. Mereka yang biasanya berinteraksi di luar dan dalam kelas, kini justru saling menyapa di dunia maya. Baik dengan teman sejawat, guru dan para dosen. Alhasil, internet adalah satu-satunya saluran bagi seluruh kegiatan belajar di Indonesia.

Pemakaian internet betul-betul mendominasi aktivitas dan rutinitas masyarakat dan juga para pelajar selama pandemi Covid-19. Bahkan, hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2022 mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia naik menjadi 220 juta orang selama 2 tahun atau sejak wabah virus corona. Padahal sebelum pandemi, jumlah pengguna internet di Indonesia hanya 175 juta orang.

Baca Juga: Asyiknya Traveling Wisata Alam Bersama Smartfren, Bebas 'Berselancar' Internet di Pelosok Sumut

Berselancar di internet tidak gratis dan butuh biaya. Bagi sebagian orang yang ekonominya mapan, harga paket data internet mungkin tidak menjadi beban. Bagi mereka harga paket tak jadi soal karena yang terpenting jaringan lancar. Namun, tak sedikit pula orang tua pelajar yang mengeluh dengan pengeluaran biaya paket internet untuk anaknya selama satu bulan.

Seperti yang dialami Afrida. Seorang petani di Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Dia sempat mengeluh selama 2 bulan untuk biaya internet anak-anaknya belajar di rumah kala pandemi Covid-19.

"Dulu awal-awal sekolah pakai internet, habis uang 200 ribu lebih sebulan untuk beli paket internet 2 anak saya. Sekarang tidak. Alhamdulillah hanya 100 ribu sebulan untuk paket mereka," katanya, Selasa (28/6/2022).

Sebagai petani perempuan, tidak mudah bagi Afrida mencari uang Rp 200 ribu. Lebih-lebih dia hanyalah seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya 10 tahun lampau. Afrida membanting tulang seorang diri menghidupi 6 orang anak yang empat di antaranya kini sudah berkeluarga.

Baginya, pandemi ini tidak hanya merepotkan mencari uang, tapi juga menambah biaya hidup terutama untuk beli paket internet. "Satu SMK dan seorang lagi masih SMP. Mereka ini awal corona juga belajar dari rumah. Cari tugas pakai internet dan masing-masing punya satu HP," katanya.

Baca Juga: Membeli HP di Erafone Bisa Dapat Promo Kartu Perdana Unlimited Nonstop 60 Giga Smartfren

Afrida tidak tahu pasti mengapa biaya internet yang diminta anaknya kini turun karena tidak memang tak paham dunia internet. Dia bersyukur biaya yang memang wajib dikeluarkan demi kelangsungan pendidikan anak itu kini bisa hemat dikantong. "Saya tidak ngerti soal kartu-kartu internet ini. Katanya dia beli kartu Smartfren, itu saja yang saya tahu," katanya.

Ucapan Afrida diamini anaknya, Habib (16) yang mengganti kartu paket datanya ke Smartfren sejak akhir 2020. Dia mengaku tertarik Smartfren karena tawaran paket data yang banyak dan biayanya pun murah. Menurutnya, memilih paket berbiaya murah adalah satu cara meringankan beban orang tua.

Bagi Habib, keperluan internet hanya untuk mencari tugas sekolah. Sesekali saja dia bermain game online. "Saya pakai Smartfren Unlimited yang hariannya, adik saya juga. Kan ada paket Rp 50 ribu untuk 28 hari, itu sudah bisa 500 MB per hari. Buka media sosial juga ndak ada biayanya," kata siswa kelas 2 SMK di Kota Solok itu.

Habib dan keluarganya tinggal di kaki bukit perkampungan di Nagari Salayo, Kabupaten Solok. Rumahnya terlindung pohon-pohon tinggi. Namun, sinyal internet smartfren di sana tetap stabil dan jarang sekali bermasalah. "Kalau sinyalnya kuat, sama seperti kartu-kartu paket lain. Tapi harganya lebih murah," tuturnya.

Senada dengan itu, seorang mahasiswi di Kota Padang, Fitri (23) menggunakan paket data Smartfren sejak pandemi Covid-19 atau sejak awal-awal kuliah secara daring diberlakukan. Alasannya utama jelas soal harga yang tak bikin saku-saku sobek.

"Sudah dua tahun saya pakai Smartfren. Yang pasti murah, sinyalnya bagus dan paket datanya banyak. Kalau paket utamanya habis, kita tetap bisa buka semua media sosial," katanya.

Calon sarjana manajemen itu mengaku setiap bulan membeli paket Smartfren Unlimited harian 1+1 GB seharga Rp 80 ribu. Dengan paket tersebut, Fitri bisa mengikuti perkuliahan secara daring dan juga browsing untuk mencari tugas. "Kini lebih enjoy lagi. Kuliah sudah jarang zoom kan, jadi paketnya bisa terasa lebih banyak," kata bungsu dari tiga bersaudara itu.

Sebagai mahasiswi yang tinggal di kos, harga paket data murah menjadi pilihan utama bagi Fitri. Apalagi jaringan Smartfren cepat dan lancar. Secara tidak langsung, dia juga bisa menghemat uang belanjanya sendiri.

Konsisten dan Terus Berinovasi

Sebagai penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE Advanced, Smartfren terus konsisten meningkatkan layanan pelanggan. Selain itu, operator seluler bertagline "I hate slow" ini juga terus meningkatkan coverage atau cakupannya di seluruh wilayah operasional, termasuk menghadirkan berbagai promo baru yang menggugah konsumen untuk berpindah hati ke Smartfren.

Baru-baru ini, Smartfren menghadirkan paket Unlimited Nonstop yang bisa digunakan pelanggan untuk mengakses semua aplikasi selama 24 jam dan juga mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis. Paket tersebut juga baik digunakan untuk mengupload video berukuran besar, rapat daring atau untuk menonton film secara live streaming.

Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim mengatakan, Smartfren sebagai pelopor paket Unlimited akan terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan. "Kita lihat sekarang tren-nya orang-orang upload konten dalam bentuk video ke TikTok, Instagram Reels atau YouTube," ujarnya dalam Unlimited Nonstop Virtual Launch with UN1TY, Rabu (2/2/2022) lalu.

Selain itu, kata Djoko, masyarakat juga banyak yang menikmati streaming film serial K-Drama atau mempelajari hal-hal baru dari video-video tutorial. Atas dasar itulah pihaknya menghadirkan Smartfren Unlimited Nonstop, sehingga masyarakat bisa melakukan passion digitalnya tanpa was-was paket data.

“Apapun gadgetnya, selalu pakai Smartfren buat menikmati internet Unlimited yang sebenarnya. Pakai Smartfren Unlimited Nonstop buat internetan nonstop happy bebas worry,” katanya.

Awal Juni 2022 ini, Smartfren juga meluncurkan kartu perdana Smartfren Gaming. Paket dana tersebut memberikan manfaat lebih besar untuk anak-anak muda, terutama penggemar esports. Para pelanggan kartu paket Gaming ini akan mendapatkan diamond yang dapat ditukarkan dengan macam-macam virtual items di dalam game FreeFire dan Mobile Legends.

"Dengan dukungan koneksi internet 100 persen 4G dan akses internet terbaik game populer, anak-anak muda bisa berlatih esports, mabar lancar bebas worry,” kata Deputy CEO Mobility Smartfren Sukaca Purwokardjono dalam keterangan resminya pada Jumat (3/6/2022), dikutip dari Suara.com.

Kartu perdana Smartfren Gaming sudah bisa didapatkan secara online melalui berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada, atau secara offline di Indomaret.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait