facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Ibu-ibu Mohon Ganja Dilegalkan Demi Kesehatan Anak, Wapres Maruf Amin Minta MUI Bikin Fatwa Pembolehannya

Riki Chandra Rabu, 29 Juni 2022 | 06:15 WIB

Viral Ibu-ibu Mohon Ganja Dilegalkan Demi Kesehatan Anak, Wapres Maruf Amin Minta MUI Bikin Fatwa Pembolehannya
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. [Tangkapan layar]

Maruf Amin mengomentari permintaan seorang ibu kepada pemerintah untuk melegalkan ganja demi kebutuhan medis sang anak yang mengidap Cerebral Palsy.

SuaraSumbar.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengomentari permintaan seorang ibu kepada pemerintah untuk melegalkan ganja demi kebutuhan medis sang anak yang mengidap Cerebral Palsy.

Maruf meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa untuk mengatur penggunaan ganja medis. Menurutnya, MUI sudah mengeluarkan putusan kalau ganja dilarang karena menjadi pangkal masalah. Bahkan dalam Alquran juga diatur soal larangan tersebut.

Akan tetapi, ia menyebut adanya pengecualian apabila digunakan untuk keperluan medis. "MUI harus membuat fatwanya, fatwa baru pembolehannya, artinya ada kriteria, saya kira MUI akan segera mengeluarkan fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR," kata Maruf di Kantor MUI, Jakarta Pusat, dikutip dari Suara.com, Selasa (28/6/2022).

Permintaan Ma'ruf itu disampaikan supaya pelegalan ganja medis bisa diatur secara ketat dan tidak menimbulkan kemudaratan.

Baca Juga: Ramai soal Ganja untuk Medis, MUI Segera Siapkan Fatwanya

"Jangan sampai nanti berlebihan dan nanti menimbulkan kemudaratan, ada berbagai klasifikasi, saya kira ganja itu, ada varietasnya, nanti supaya MUI membuat fatwa berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu."

Viral di Media Sosial

Aksi Santi yang membawa poster bertuliskan 'Tolong Anakku Butuh Ganja Medis' viral di media sosial. Aksinya menjadi perbincangan setelah diunggah penyanyi Andien lewat akun Twitter miliknya @andiennaisyah.

"Tadi di CFD, ketemu seorang ibu yang lagi bareng anaknya (sepertinya ABK) bawa poster yang menurutku berani banget. Pas aku deketin beliau nangis..," tulis Andien.

Andien mengaku sempat berkenalan dengan ibu pembawa poster. Alasan Santi meminta pertolongan agar anaknya yang mengidap Cerebral Palsy bisa diobati dengan cara terapi biji ganja.

Baca Juga: MUI Siapkan Fatwa Ganja Untuk Medis

"Ternyata namanya Ibu Santi. Anaknya, Pika, mengidap Cerebral Palsy. Kondisi kelainan otak yang sulit diobati dan treatment yang paling efektifnya pake terapi minyak biji ganja/CBD oil," kata Andien dalam postingannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait