facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Stres dan Pola Makan Picu Rambut Rontok, Ini Penjelasan Ahli

Riki Chandra Selasa, 28 Juni 2022 | 13:15 WIB

Stres dan Pola Makan Picu Rambut Rontok, Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi Rambut Rontok (freepik)

Rambut rontok disebabkan banyak hal.

SuaraSumbar.id - Rambut rontok disebabkan banyak hal. Selain faktor eksternal seperti penggunaan alat penata rambut dan kosmetik rambut yang tak sesuai, rambut rontok juga bisa dipicu oleh faktor internal seperti stres akut dan pola makan yang salah.

Ahli Gizi Winda Ekayanti, M.Nut&Diet, APD dalam siaran persnya mengatakan, stres berkepanjangan mempengaruhi perubahan pola makan, waktu makan yang tidak teratur, serta jenis makanan yang kita konsumsi. Dan semua hal ini dapat mempercepat perontokan rambut.

“Ketika pikiran mengalami tekanan, tubuh merespons dengan mencari asupan yang dapat menangkal stres, yaitu menu camilan dengan kadar gula tinggi. Satu hal yang perlu disadari bahwa asupan tinggi gula sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan kulit,” kata Winda, dikutip dari Suara.com, Selasa (28/6/2022).

Tubuh membutuhkan kalori serta zat nutrisi dalam jumlah tertentu untuk dapat bekerja secara optimal. Jika asupan gizi tidak mencukupi, maka fungsi organ melambat, sehingga metabolisme akan lebih buruk dari sebelumnya, demikian kata Winda mengenai tahap rambut rontok yang disebabkan oleh kesalahan pola makan.

Baca Juga: Rambut Rontok Ternyata Bisa Disebabkan Oleh Pola Makan, Stop Camilan Tinggi Gula!

Asupan gizi seimbang tidak hanya terdiri dari sayur mayur dan buah-buahan saja. Menurut Winda, banyak sumber makanan kaya vitamin dan nutrisi penting untuk merawat kesuburan rambut, bahkan beberapa dapat ditemukan di dalam kulkas rumah.

Misalnya saja, salmon yang tinggi protein dan vitamin D. Ini merupakan kunci agar rambut lebih kuat. Selain itu, asam lemak omega-3 juga diperlukan tubuh untuk menumbuhkan rambut karena omega-3 juga ditemukan pada membran sel kulit kepala serta minyak alami yang menjaga agar kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Selain itu, telur yang kaya akan vitamin B dan mengandung biotin dalam jumlah tinggi. Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Selain kandungan biotin, telur juga mengandung zat besi, zinc, dan omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut.

Jadi, mulai sekarang, cek lagi pola makan Anda ketika mengalami rambut rontok. Bisa jadi, di situlah sumber masalahnya.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Hair Fall dan Hair Loss, Mana yang Kamu Alami?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait