facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Seorang Bayi di Sumbar Diduga Meninggal Dunia Gegara Terpapar Hepatitis Misterius, Gejalanya Mirip

Riki Chandra Senin, 09 Mei 2022 | 16:31 WIB

Seorang Bayi di Sumbar Diduga Meninggal Dunia Gegara Terpapar Hepatitis Misterius, Gejalanya Mirip
Ilustrasi bayi (Unsplash/Liane)

Seorang bayi berumur 1 bulan 29 hari diduga meninggal duni karena terpapar hepatitis misterius. Bayi malang itu sempat dirujuk dan mendapatkan perawatan di RS Hermina Padang.

SuaraSumbar.id - Seorang bayi berumur 1 bulan 29 hari diduga meninggal duni karena terpapar hepatitis misterius. Bayi malang itu sempat dirujuk dan mendapatkan perawatan di RS Hermina Padang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar. Menurutnya, bayi malang itu berasal dari Kabupaten Solok.

Gejala yang dialami sang bayi mirip hepatitis. Namun, hasil pemeriksaannya bukan hepatitis dan dinyatakan meninggal duni pada 2 Mei 2022 lalu.

"Dia seperti hepatitis A. Tapi ternyata pemeriksaan laboratoriumnya tidak sesuai dengan hepatitis A, sehingga kami menyebutnya sebagai hepatitis unknown etiology,” katanya dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Begini Cara Infeksi Hepatitis Akut Membuat Tubuh Menguning dan Hilang Kesadaran

Gejala yang dialami balita tersebut seperti kuning, demam, diare dan berakhir dengan pendarahan pada saluran pencernaan serta gangguan kegagalan hati dengan waktu yang relatif cepat.

"Di Sumbar baru satu kasus, tapi ini kasusnya suspek. Baru diduga," ujarnya.

Sampai kini, data hasil penelusuran Dinkes Sumbar terhadap status kesehatan balita tersebut, mulai dari perjalanan dirujuk menuju rumah sakit sakit Hermina telah kita peroleh.

"Data telah kita peroleh, untuk itu kami menghimbau kepada direktur rumah sakit baik itu kota maupun kabupaten untuk melapor apabila terjadi gejala serupa," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim di Jabar Belum Ada Laporan Kasus Hepatitis Misterius, Minta Warga Jangan Panik

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait