facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Harga Kebutuhan Pokok di Agam Sumbar Turun

Suhardiman Jum'at, 06 Mei 2022 | 11:42 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Agam Sumbar Turun
Ilustrasi Bahan Pokok. [Ist]

Harga yang mengalami penurunan seperti sayur-sayuaran, minyak goreng dan daging.

SuaraSumbar.id - Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), turun. Harga yang mengalami penurunan seperti sayur-sayuaran, minyak goreng dan daging.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Agam, Nelfia Fauzana, melansir Antara, Jumat (6/5/2022).

"Ini berdasarkan pendataan yang kami lakukan di sejumlah pedagang di Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan," katanya.

Ia menjelaskan, daging murni dari Rp 160 ribu menjadi Rp 150 ribu per kilogram, hati sapi dari Rp 160 ribu menjadi Rp 150 ribu per kilogram.

Baca Juga: Bahan Baku Mengalami Kenaikan Biaya, Lucid Motors Bakal Revisi Harga Produk

Kemudian minyak curah dari Rp 19 ribu menjadi Rp 18 ribu per liter. Bawang putih dari Rp 30 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram, bawang prey dari Rp 20 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram.

Buncis dari Rp 35 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram, tomat dari Rp 12 ribu per menjadi Rp 10 ribu per kilogram dan wartel dari Rp 20 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

"Harga kebutuhan pokok itu turun Rp 1.000 sampai Rp 10 ribu per kilogram," katanya.

Ia menjelaskan, harga kebutuhan pokok turun akibat permintaan dari konsumen berkurang lima hari setelah Idul Fitri. Sementara bahan kebutuhan itu cukup banyak di sejumlah pedagang pengumpul.

"Ini sesuai hukum ekonomi, apabila persediaan banyak maka harga akan turun dan apabila persediaan sedikit, maka harga akan naik," tukasnya.

Baca Juga: 3 Kali Main Drama Bareng Im Soo Yang, Sung Hoon Bahas Chemistry Keduanya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait