facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kawal MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, TNI AL Terjunkan 5 Kapal Perang Indonesia

Riki Chandra Jum'at, 28 Januari 2022 | 21:06 WIB

Kawal MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, TNI AL Terjunkan 5 Kapal Perang Indonesia
Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat (28/1/2022). [Dok.Antara]

TNI AL menerjunkan lima Kapal Perang Indonesia untuk mengawal perhelatan balap kelas dunia MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika.

SuaraSumbar.id - TNI AL menerjunkan lima Kapal Perang Indonesia untuk mengawal perhelatan balap kelas dunia MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo mengatakan, tujuan TNI AL menerjunkan armada perang tersebut untuk menghalau segala bentuk ancaman atau pun gangguan khususnya di kawasan perairan.

"Lima kapal itu nanti pengamanannya di sekitar kawasan MotoGP dilaksanakan, fokus di sana. Nah, menjelang MotoGP-nya, itu kita fokus terbagi di laut sekitar sirkuit sama pelabuhan-pelabuhan," kata Whimbo, Jumat (28/1/2022).

Pelabuhan kapal di wilayah NTB sendiri ada lima, dua di wilayah Pulau Lombok dan tiga lainnya di Pulau Sumbawa. Pengamanannya dilaksanakan dengan patroli serta koordinasi bersama para pihak terkait, seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Basarnas, Polair dan Bakamla. "Jadi semua komponen nanti akan terlibat," ujarnya.

Baca Juga: 5 Kapal Perang Indonesia Dikerahkan Demi Kawal MotoGP di Mandalika

Whimbo turut menyampaikan sejumlah kerawanan yang menjadi atensi pengamanan di kawasan perairan. Bukan hanya aksi perompak, namun juga tugas evakuasi korban dari musibah kapal karam, terbakar atau kapal yang mengalami kebocoran.

Untuk kesiapan mengantisipasi dan menangani masalah di kawasan perairan, TNI AL terus melakukan giat latihan bersama.

"Seperti sekarang kita sedang melaksanakan latihan bersama stakeholder (pemangku kepantingan) yang ada di laut untuk menangani suatu permasalahan bersama-sama. Misalnya, perompakan, kita (TNI AL) dan Polairud yang bergerak," ucap dia.

Lebih lanjut, dari lima kapal perang yang diterjunkan dalam pengamanan MotoGP 2022, satu di antaranya sudah berlabuh di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, yakni KRI Sampari-628.

"Sementara empat lainnya menyusul, untuk satu di antaranya sekarang dalam perjalanan menuju NTB. Sedangkan tiga kapal baru akan bergeser beberapa hari sebelum perhelatan MotoGP," tutur Whimbo. (Antara)

Baca Juga: Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2022 di Lombok? Yuk Simak Syarat-syaratnya!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait