alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Napi Lapas Lubukbasung Tewas Tergantung di Sel Pengasingan

Suhardiman Senin, 10 Januari 2022 | 14:34 WIB

Napi Lapas Lubukbasung Tewas Tergantung di Sel Pengasingan
Ilustrasi gantung diri (Shutterstock)

Dari hasil penyelidikan petugas, kuat dugaan korban murni bunuh diri.

SuaraSumbar.id - Seorang narapidana di Lapas Kelas IIB Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, ditemukan tewas tergantung di ruangan sel pengasingan.

Korban bernama Syafrizal alias Paron (34) ditemukan tidak bernyawa oleh petugas saat melakukan patroli.

Demikian dikatakan Kepala Lapas Kelas IIB Lubukbasung, Suroto, melansir Antara, Senin (10/1/2022).

"Petugas menemukan korban tergantung dengan tali rafia di dalam sel pembinaan," katanya.

Baca Juga: Viral Massa Ojol Geruduk Polsek Pamulang, Diduga Gara-gara Rekannya Dipukul Anggota TNI AL

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polres Agam untuk dilakukan pemeriksaan penyebab kematian korban. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Puskesmas Manggopoh. Dari hasil penyelidikan petugas, kuat dugaan korban murni bunuh diri.

"Selanjutnya kami membuat laporan kepada Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumbar dan Devisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sumbar," katanya.

Ia menambahkan, korban merupakan napi kasus penyalahgunaan narkotika dengan putusan 5,4 tahun. Ia ditangkap di Simpang Bodrek, Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Jumat (16/4/2021).

Korban yang baru menjalankan masa tahanan selama enam bulan sempat melarikan diri dari Lapas dengan cara memanjat pagar pada 28 Agustus 2021. Ia kembali ditangkap di Tiku Kecamatan Tanjungmutiara pada Jumat (7/1).

Catatan Redaksi: Hidup seringkali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

Baca Juga: Tragis! Kecelakaan Beruntun Libatkan 5 Kendaraan, Satu Orang Tewas di Jombang

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email janganbunuhdiri@yahoo.com dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait