alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Hanya Stroke, Kolesterol Tinggi Juga Picu Serangan Jantung

Riki Chandra Sabtu, 06 November 2021 | 09:15 WIB

Tak Hanya Stroke, Kolesterol Tinggi Juga Picu Serangan Jantung
Ilustrasi stroke. [Shutterstock]

Terlalu banyak kolesterol dapat berasal dari genetika atau gaya hidup yang tidak sehat, memiliki efek samping yang berbahaya.

SuaraSumbar.id - Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk produksi sel-sel yang sehat. Terlalu banyak kolesterol dapat berasal dari genetika atau gaya hidup yang tidak sehat, memiliki efek samping yang berbahaya.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius di kemudian hari, terutama ketika usia sudah mencapai 50 tahun.

Dirangkum dari Eat This, berikut efek samping kolesterol tinggi yang bisa terjadi di usia 50-an, sehingga perlu diwaspadai.

1. Penumpukan plak di arteri

Baca Juga: Efek Samping Kolesterol Tinggi yang Bisa Muncul di Usia 50, Tak Cuma Stroke

"Seiring waktu, kolesterol tinggi meningkatkan penumpukan plak di arteri, yang dapat membatasi aliran darah ke otak dan jantung, berpotensi menyebabkan konsekuensi yang mengerikan seperti serangan jantung dan stroke," kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook.

Menurut American Heart Association, penumpukan plak ini disebut aterosklerosis. Tidak hanya dapat menyebabkan aliran darah terhalang, tetapi plak juga dapat pecah dan tersangkut di aliran darah, yang merupakan cara lain penyumbatan arteri.

2. Peningkatan risiko serangan jantung

Aterosklerosis dapat terjadi seiring waktu dan menyebabkan masalah parah pada jantung dan otak.

Sebab jika sepotong plak pecah, itu dapat menyebabkan gumpalan darah terbentuk di sekitarnya, membatasi aliran darah ke jantung dan membuatnya kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan, yang disebut iskemia.

Baca Juga: Ketua KPPU Meninggal Dunia Kena Serangan Jantung, Pemakaman Dilakukan di Bandung

Untuk itu, penting mewaspadai gejala serangan jantung dan segera mencari perawatan medis saat mengalaminya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait