alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Video Jokowi Joget Berkerumun Tak Patuh Prokes di Papua, Begini Faktanya

Riki Chandra Jum'at, 08 Oktober 2021 | 18:51 WIB

Heboh Video Jokowi Joget Berkerumun Tak Patuh Prokes di Papua, Begini Faktanya
CEK FAKTA Video Jokowi Joget di Tengah Kerumunan Tak Patuh Prokes di Papua. (Turnbackhoax.id)

Video bernarasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjoget di tengah kerumunan dan tak patuh protokol kesehatan (prokes) saat berkunjung ke Papua, beredar di media sosial.

SuaraSumbar.id - Video bernarasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjoget di tengah kerumunan dan tak patuh protokol kesehatan (prokes) saat berkunjung ke Papua, beredar di media sosial.

Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama Boby Candra. Akun tersebut memposting sebuah video Presiden Jokowi yang berdurasi 21 detik.

Video itu berisi Presiden Jokowi beserta ibu negara, Iriana Widodo sedang menari dengan penari yang memakai baju khas Papua. Aksi Presiden Jokowi tampak ditonton kerumunan penonton.

Akun ini mengklaim momen tersebut terjadi saat Presiden Jokowi memeriahkan acara PON XX Papua 2021, yang terjadi di Kaimana, Papua.

Baca Juga: PON Papua: Kalahkan Tuan Rumah, DKI Hadapi Jatim di Final Bulu Tangkis Beregu Putri

“PON XX PAPUA 2021,
Saat presiden Jokowi nikmati senja
Di Kaimana Papua..
Video ini membuktikan bahwa convid -19 di Indonesia telah tiada,
Dan aturan prokes convid – 19 tidak
berlaku lagi jikalau melihat video ini,
Entahlah….”

Benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan Suara.com, video dengan narasi Presiden Jokowi berjoget di tengah kerumunan yang tidak patuh protokol kesehatan di Papua tidak benar.

Faktanya, video itu diketahui sudah terjadi sejak lama. Salah satu potongan video diketahui merupakan milik KompasTV, yang berjudul “Ketika Jokowi dan Iriana Menari Bareng Warga Papua Barat”.

Video KompasTV tersebut diunggah pada 28 Oktober 2019. Momen itu terjadi ketika Presiden Jokowi yang sedang berkunjung di Kaimana, Papua Barat.

Baca Juga: PON Papua: Sumbang DKI 3 Emas, Pesenam Nabila Evandestiera Bahagia Bisa Lebihi Target

Dalam moment tersebut, Jokowi dan Iriana sedang melakukan tarian Seka. Tarian Seka merupakan tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait