alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkot Padang Fokuskan RPH Lubuk Buaya untuk Pemotongan Babi

Suhardiman Rabu, 06 Oktober 2021 | 18:02 WIB

Pemkot Padang Fokuskan RPH Lubuk Buaya untuk Pemotongan Babi
Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat. [ANTARA]

Hal ini dilakukan agar tidak bercampur dengan sapi.

SuaraSumbar.id - Pemkot Padang akan memfokuskan Rumah Potong Hewan (RPH) Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, menjadi lokasi pemotongan khusus babi. Hal ini dilakukan agar tidak bercampur dengan sapi.

"Sebelumnya di RPH Lubuk Buaya ada pemotongan babi dan juga ada sapi, sekarang karena sudah ada RPH baru di Air Pacah, maka untuk sapi fokus di RPH Air Pacah," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, melansir Antara, Rabu (6/10/2021).

Ia menjelaskan, RPH Lubuk Buaya yang difokuskan untuk pemotongan babi sejak awal berdiri belum ada renovasi. Kekinian kondisinya butuh perbaikan.

Pihaknya melakukan rehabilitasi rumah potong hewan babi dan kandang penampungan serta gangway dengan total anggaran Rp338.413.063.

Baca Juga: Kasus Kematian Covid-19 Sudah Nol, DPRD Kota Bekasi Ingatkan Tetap Jaga Prokes

"Dengan rehab ini diharapkan kondisi RPH akan lebih baik dan higienis dan tentu saja peruntukan untuk nonmuslim," kata dia.

Pihaknya juga akan membuat kandang tertutup dan dilakukan pemotongan untuk kemudian di jual di Pasar Tanah Kongsi Padang.

"Dalam pengiriman dari RPH ke Pasar Tanah Kongsi juga dilakukan pengawalan sehingga tidak ada penyalahgunaan," ujarnya.

Selama ini sumber daging babi yang di jual di Pasar Tanah Kongsi berasal dari Dharmasraya, Pesisir Selatan dan dari Rumah Potong Hewan Lubuk Buaya.

"Jika dipotong di RPH akan lebih aman karena sebelumnya akan diperiksa dulu kesehatannya oleh dokter hewan untuk memastikan layak dipotong," kata dia.

Baca Juga: 8 Potret Rumah Tommy Kurniawan, Ada Ruang Gym Super Lengkap

Untuk mencegah peredaran daging babi agar tidak terjadi penyalahgunaan, pihaknya juga rutin mengambil sampel mengantisipasi adanya daging sapi yang dioplos dengan daging babi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait