facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Meluruskan Arah Kiblat saat Matahari di Atas Kabah, Diprediksi Terjadi 15 Juli 2021

Riki Chandra Rabu, 14 Juli 2021 | 07:10 WIB

Cara Meluruskan Arah Kiblat saat Matahari di Atas Kabah, Diprediksi Terjadi 15 Juli 2021
Suasana Masjidil Haram yang sepi di Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/3/2020). Pemerintah arab saudi menangguhkan sementara pelaksanaan ibadah umrah terkait merebaknya wabah virus corona. ANTARA FOTO/Reuters/Ganoo Essa/pras

Posisi matahari pada 15 Juli 2021 dikabarkan berada di atas Kabah.

SuaraSumbar.id - Posisi matahari pada 15 Juli 2021 dikabarkan berada di atas Kabah. Peristiwa tersebut menjadi acuan bagi masyarakat guna kembali meluruskan arah kiblat pada tempat ibadah.

Diketahui, ini kali kedua di tahun 2021 posisi matahari tepat berada di atas Kabah. Momen sebelumnya terjadi pada 27 Mei, selanjutnya akan terjadi pada 15 Juli 2021. Fenomena ini dimanfaatkan umat muslim untuk membenarkan arah kiblat.

Agar cara meluruskan arah kiblat dapat dilakukan dengan tepat, kalian perlu tahu waktu ketika posisi matahari di atas Kabah.

Melansir dari laman Lapan, puncak waktu matahari tepat berada di atas Kabah akan berlangsung pada pukul 09.26.42 waktu Arab Saudi. Jika mengacu pada waktu Indonesia, maka bertepatan dengan pukul 16.26.42 WIB/17.26.42 WITA/18.26.42 WIT.

Baca Juga: Cara Meluruskan Arah Kiblat saat Matahari di Atas Kabah 15 Juli 2021

Berikut Cara Melurukan Arah Kiblat

Berdasarkan penjelasan Lapan, momen kondisi Matahari yang berada tepat di atas Kabah jadi kesempatan baik untuk mengetahui arah kiblat atau Kabah secara persis. Untuk mengetahuinya juga tidaklah sulit.

Fenomena ini memiliki banyak nama. Adapun nama-namanya yaitu Qibla Day (Hari Kiblat), Great Culmination of Mecca atau Istiwa’ul A’zham (Kulminasi Agung Mekkah), Global Rashdul Qibla (Hari Meluruskan Kiblat Global), dan Tropic of Mecca.

Diketahui, cara membenarkan arah kiblat dengan menggunakan metode Kulminasi Agung dianggap lebih mudah, akurat, dan murah. Adapun sejumlah hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

- Menyesuaikan waktu
- Menggunakan alat berbentuk tegak lurus
- Permukaan datar
- Matahari Tepat di Atas Kabah. (Antara)
- Matahari Tepat di Atas Kabah. (Antara)

Baca Juga: Beda dari Menparekraf, Kominfo Tak Mau Latah Blokir Fortnite Terkait Konten Mirip Ka'bah

Untuk mengetahui arah kiblat saat kondisi matahari berada tepat di atas Kabah, simak berikut ini caranya yang perlu diketahui.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait