alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sambut Lebaran 2021, BI Sumbar Sediakan Rp 7,10 Triliun Uang Baru

Riki Chandra Sabtu, 17 April 2021 | 06:15 WIB

Sambut Lebaran 2021, BI Sumbar Sediakan Rp 7,10 Triliun Uang Baru
Ilustrasi Uang. (pixabay.com/EmAji)

BI Sumbar menyiapkan untuk uang pecahan besar sebesar Rp 6,5 triliun dan uang pecahan kecil Rp 600 miliar.

SuaraSumbar.id - Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2021, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan uang kartal senilai Rp 7,10 triliun.

Penyediaan uang baru itu semata-mata untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di tengah masyarakat.

"Penukaran dapat dilakukan di 152 jaringan kantor bank umum dan 50 bank perkreditan rakyat yang ada di Sumbar," kata Kepala BI Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama, dikutip dari Antara, Jumat (16/4/2021).

BI Sumbar menyiapkan untuk uang pecahan besar sebesar Rp 6,5 triliun dan uang pecahan kecil Rp 600 miliar.

Baca Juga: Cara Tukar Uang Baru untuk Lebaran Nanti

Menurut Wahyu, pada tahun 2020 lalu, realisasi outflow atau jumlah uang yang dikeluarkan BI Sumbar mencapai Rp 2,47 triliun dan pada 2021 diperkirakan sebesar Rp 3,74 triliun.

Di sisi lain, Wahyu mengatakan, untuk percepatan dan perluasan penukaran uang peringatan kemerdekaan RI Rp 75 ribu, masyarakat dapat melakukan penukaran dengan membawa KTP maksimal 100 lembar tiap hari dan dapat digunakan berulang di hari berikutnya.

"Penukaran juga dapat dilakukan di bank umum terdekat", katanya.

Uang peringatan kemerdekaan RI Rp 75 ribu dapat digunakan untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian, dapat juga digunakan sebagai tunjangan hari raya (THR) saat Lebaran.

Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal sejak 17 Agustus 2020.

Baca Juga: Diminta Simpan Uang Mahar Malah Buat Belanja, Wanita Ini Bikin Publik Emosi

BI mencetak uang khusus itu sebanyak 75 juta lembar yang sudah dilengkapi unsur pengamanan berteknologi terbaru dan bahan kertas lebih tahan lama sehingga lebih mudah dikenali keasliannya, dan sulit dipalsukan. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait