facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Pagi Hari Sebelum Mulai Beraktivitas

Riki Chandra Rabu, 10 Maret 2021 | 06:30 WIB

Bacaan Doa Pagi Hari Sebelum Mulai Beraktivitas
Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)

Membaca doa pagi hari merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

SuaraSumbar.id - Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, alangkah baiknya setiap kita khususnya umat Islam memanjatkan doa agar semua pekerjaan diberkahi Allah SWT.

Ya, selain menunaikan salat subuh, setiap muslim dianjurkan untuk berdoa kepada sang pencipta. Doa tersebut hendaknya dimulai sebelum melangkah dari rumah.

Membaca doa pagi hari merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW pernah berdoa “Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka”.

Berikut beberapa doa pagi hari yang bisa dibaca sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga: Doa Pagi Hari: Bacaan Latin dan Artinya

  • Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya : “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dan dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami akan kembali.” (HR Abu Dawud, At – Turmudzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya)

  • Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya : “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka dan siksa kubur.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

  • Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Demikian doa pagi hari yang dapat diamalkan oleh setiap umat muslim dalam mengawali hari dengan baik. Semoga Allah SWT melindungi kita selalu.

Baca Juga: Ngeri! Kakek Nenek Jual Narkoba, Polisi : Seharusnya Lebih Dekat ke Allah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait