alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Cara Membersihkan Kaca Helm Agar Tak Cepat Buram

Riki Chandra | Manuel Jeghesta Nainggolan Jum'at, 08 Januari 2021 | 08:15 WIB

4 Cara Membersihkan Kaca Helm Agar Tak Cepat Buram
Membersihkan helm dengan kain microfiber. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Bila visor sudah kotor yang menyebabkan pandangan terhalang tadi muncul, masih ada cara membuatnya benderang.

SuaraSumbar.id - Helm memiliki bagian yang disebut visor atau kaca helm. Visor berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada mata, bagian ini mestinya dipertahankan keberadaannya.

Akan tetapi, beberapa pengguna mencopotnya dengan alasan pandangan menjadi kurang jelas atau kurang leluasa. Padahal, dengan adanya visor, partikel debu halus serta serangga yang beterbangan di malam hari bisa ditangkal.

Kecuali bila pengguna menambahkan goggles atau kacamata pelindung tambahan. Nah, bila visor sudah kotor yang menyebabkan pandangan terhalang tadi muncul, masih ada cara membuatnya benderang.

Mengutip Wahana Honda, berikut tips membersihkan kaca helm agar kembali bersih dan tidak buram.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Beri Pesan Keselamatan Berkendara via Helm

Berikut adalah cara membersihkan kaca helm atau visor sehingga bisa memberikan pandangan benderang:

Helm yang dijumpai di ajang IMOS 2018 [Suara,com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Helm yang dijumpai di ajang IMOS 2018. Sebagai ilustrasi visor [Suara,com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

1. Lepaskan kaca helm terlebih dahulu

  • Lepaskan kaca helm terlebih dahulu. Sebenarnya langkah yang satu ini opsional atau tergantung dari preferensi. Jika sedang terburu-buru dan tidak sempat melepasnya, tentu tidak masalah untuk langsung membersihkan kaca helm yang masih terpasang.
  • Hanya, kaca helm yang masih dalam kondisi terpasang ini akan membatasi gerak saat melakukan pembersihan.

2. Basahi kaca helm terlebih dahulu

  • Basahi kaca helm dengan air bersih atau air sabun. Ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca.
  • Kaca helm memang digunakan sebagai penangkal dari debu ataupun benda asing yang dapat berpotensi mengganggu pandangan pengendara. Maka dari itu, seringkali kita bisa melihat jelas debu, pasir atau kotoran lain yang menempel pada bagian permukaan kaca.

3. Gunakan visor cleaner

  • Sesuai namanya, alat ini dibuat secara khusus untuk membersihkan permukaan kaca helm yang kotor dan memiliki noda yang membandel. Bisa dibeli dengan mudah di toko-toko otomotif atau secara online.
  • Perlu diketahui bahwa produk visor cleaner yang bagus ialah yang terbuat dari alcohol-based. Lebih mudah menguap dan tidak akan meninggalkan noda bekas cairan.
  • Untuk menggunakannya, hanya perlu menyemprot atau mengoleskan pada permukaan kaca helm. Tunggu sekitar 2-5 menit lalu mengelapnya dengan kain microfiber yang bersih dan lembut atau menggunakan tisu.

4. Bilas kaca helm dengan air bersih

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

  • Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan, berikutnya hanya perlu membilas kaca helm menggunakan air bersih dan mengelapnya sampai benar-benar kering. Tujuannya agar kaca helm tidak lembap dan bekas air yang dibasuhkan tadi tidak membekas.

  • Setelah bersih, jangan lupa untuk terus memberikan perawatan secara rutin pada visor. Selalu bersihkan kembali helm sebelum atau setelah digunakan. Hindari juga meletakkan helm di bawah terik sinar matahari karena dapat memicu faktor terjadinya kaca helm yang cepat kusam dan buram.
  • Selain itu, jika helm baru saja digunakan untuk berkendara di tengah hujan, jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air bersih dan dikeringkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait