alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiru New Zealand, Pemerintah Bakal Utamakan Vaksinasi Penduduk Bali

Erick Tanjung | Mohammad Fadil Djailani Minggu, 03 Januari 2021 | 15:19 WIB

Tiru New Zealand, Pemerintah Bakal Utamakan Vaksinasi Penduduk Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Bali (@Sandiuno)

"Total ada 4 juta. Kalau kami dahulukan di Bali bisa 70 persen divaksin. Ini akan jadi seperti New Zealand yang sudah bisa dikunci, ujar Sandiaga.

SuaraSumbar.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pulau Bali akan menjadi lokasi pertama dalam penerapan travel bubble.

Travel bubble merupakan kerja sama koridor penerbangan khusus atau Travel Corridor Arrangement/TCA, langkah ini diambil untuk segera memulihkan sektor pariwisata dari tekanan pandemi Covid-19.

Untuk mendukung penerapan ini, Sandiaga mengatakan bahwa sebanyak 70 persen penduduk Bali akan melakukan proses vaksinasi terlebih dahulu.

"Total ada 4 juta. Kalau kami dahulukan di Bali bisa 70 persen divaksin. Ini akan jadi seperti New Zealand yang sudah bisa dikunci,” ujar Sandiaga dalam sebuah diskusi virtual, Minggu (3/1/2021).

Baca Juga: Penyebaran Corona Masih Tinggi, Ekonom: Jangan Promosi Wisata

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan pemerintah Indonesia sedang menunggu kesiapan Singapura untuk pembukaan travel bubble saat ini.

"Kalau Singapura sudah ready, kami bisa pairing dengan Bali," ujarnya.

Meski begitu, Sandiaga tetap memberikan catatan khusus bahwa protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat, seperti melakukan wajib tes swab yang ingin masuk Bali agar penularan virus corona bisa dihindari.

Sandiaga menjelaskan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan lini yang paling terimbas pandemi Covid-19. Akibat pagebluk, jumlah kuncungan wisatawan asing selama 2020 turun 70,5 persen ketimbang 2019 atau dari 12 juta menjadi 3,56 juta wisman.

Baca Juga: Corona Masih Mengancam, Sandiaga Uno Diminta Tak Promosi Wisata

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait