facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alasan Sepeda Motor Wajib Mandi Usai Kehujanan

Riki Chandra | Manuel Jeghesta Nainggolan Jum'at, 01 Januari 2021 | 09:15 WIB

Alasan Sepeda Motor Wajib Mandi Usai Kehujanan
Para pengendara motor di Jalan Gatot Subroto, Jakarta saat hujan [Suara.com/Alfian Winanto]

Jika dibiarkan akan menjadi karat yang dapat merusak sepeda motor.

SuaraSumbar.id - Naik sepeda motor dirasa lebih praktis dan cepat sampai dibandingkan kendaraan roda empat. Apalagi saat pandemi Covid-19, berkendara sendiri justru lebih memberikan rasa ketenangan.

Namun, saat musim penghujan tiba, situasi jadi kurang menguntungkan. Kendaraan akan tersiram air, baik dari curahan hujan maupun cipratan air di jalan raya.

Bila terjadi demikian, perlu rajin untuk melakukan pengecekan pada bagian-bagian dari sepeda motor yang sering terkena cipratan air.

Pada area-area itu, biasanya terdapat kotoran yang menumpuk dan apabila dibiarkan akan menjadi karat yang dapat merusak sepeda motor. Demikian dipetik dari kanal otomotif Suara.com.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020

Perawatan sepeda motor setelah diajak berhujan-hujan adalah dimandikan, seperti penggunanya. Intinya adalah membersihkan body dari berbagai material yang menempel. Seperti sang pemilik, kendaraan juga perlu disimpan dalam kondisi bersih setelah disiram air.

Untuk mencegah karat pada sepeda motor  kesayangan, mari simak tips ringan ala Federal Oil.

Tips mencegah karat menghuni sepeda motor:

Jas hujan saat bermotor di bawah guyuran air. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Jas hujan saat bermotor di bawah guyuran air. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
  • Cucilah sepeda motor segera, setelah terkena hujan atau setelah diajak mengaspal berhujan-hujan. Dengan dicuci, kotoran yang menempel akan hilang. 
  • Jangan lupa dilap sampai bersih karena sisa air bisa membuat beberapa bagian mengalami korosi.
  • Berikan pelumas yang dapat mencegah karat pada bagian-bagian yang rentan terkena. Penggunaan pelumas bisa mengurangi risiko pengkaratan karena pelumas mampu menyingkirkan air yang menetap di suatu bagian.
  • Saat sepeda motor parkir sebaiknya diberi pelindung, yang menjaga dari panas dan hujan. Sehingga kondisinya selalu kering.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait