Riki Chandra
Harimau Sumatera yang tertangkap di kawasan pemukiman warga Kabupaten Agam. [Dok.Covesia.com]

SuaraSumbar.id - Seekor harimau Sumatera yang meresahkan warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akhirnya berhasil masuk kandang jebak BKSDA Sumbar, Selasa (11/1/2022). Satwa dilindungi itu tertangkap di kawasan dekat pemukiman warga Maua Ilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia.

Wali Nagari Salareh Aia, Iron Maria Edi mengatakan, harimau tersebut telah dievakuasi tim BKSDA Sumbar. "Alhamdulillah, pukul 10 WIB tadi Harimau Sumatera itu sudah dibawa ke tempat rehabilitasi khusus Harimau di Dharmasraya untuk pemeriksaan kondisinya," ujarnya, dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com.

Dari hasil identifikasi petugas, harimau yang tertangkap itu berjenis kelamin betina. Lantas, masyarakat pun sepakat menyematkan "Puti Maua" sebagai nama harimau tersebut. Dalam bahasa Minang, puti berarti perempuan, sedangkan Maua adalah nama lokasi tempat harimau itu tertangkap.

"Awalnya akan diberi nama Puti Maua Dirindu, tapi arahan petugas hanya diberi nama dua kata. Jadi kesepakatan bersama diberi saja nama Puti Maua," katanya.

Baca Juga: Harimau Sumatera Masuk Perangkap BKSDA

Pasca tertangkapnya harimau tersebut, warga Maua Ilia kini mulai merasa tenang dan kembali nyaman beraktivitas ke kebun.

Komentar