Nurani Perempuan Desak Kampus UIN IB Padang Usut Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen ke Mahasiswi

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

Suhardiman
Selasa, 29 November 2022 | 15:33 WIB
Nurani Perempuan Desak Kampus UIN IB Padang Usut Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen ke Mahasiswi
Ilustrasi pelecehan seksual (Unsplash.com/ Danielle Dolson)

SuaraSumbar.id - Nurani Perempuan mendesak agar pihak kampus UIN IB Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengusut kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswi.

Direktur WCC Nurani Perempuan, Rahmi Merry Yenti mengatakan, dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

"Tetapi munculnya kasus ini, mulai banyak informasi bahwa mahasiswa yang sudah tamat juga pernah mengalami hal yang sama," katanya kepada SuaraSumbar.id, Selasa (29/11/2022).

Dengan demikian, kata Merry, Nurani Perempuan meminta kasus ini di usut pihak kampus, karena lembaga instusi pendidikan apalagi berbasis Islam, harusnya tidak membiarkan hal ini terjadi.

Baca Juga:Jadikan Anaknya Wanita Panggilan, Pinkan Mambo Larang Michelle Ashley Sekolah Berpendidikan Tinggi

"Karena sama ditahu antara dosen dan mahasiswa itu leluasanya cukup tinggi terkait kepentingan skripsi dan kepentingan lainnya. Sehingga jika hal ini terjadi tentu si mahasiswa memilih untuk diam dan tidak ada akan mempermasalahkan," tuturnya.

Pihaknya juga mendorong kepada kampus untuk memberikan perlindungan terhadap korban dan mau mendengar laporan korban. Selain itu, menjamin keamanan korban jikalau ada korban yang berani berbicara dan jangan sampai korban menerima tekanan.

"Kami pun berencana akan melakukan audiensi dengan rektor untuk memastikan sikap kampus terkait situasi. Rencana dalam minggu ini," jelasnya.

Diketahui, dugaan kasus pelecehan seksual yang dialami oleh sejumlah mahasiswi diungkap Mentri Advokasi, Hukum dan HAM DEMA-U UIN Imam Bonjol Padang, Ulva Salsabillah. Berdasarkan informasi, korban lebih dari tiga orang.

"Jadi yang lapor adalah teman dari korban. Hingga saat ini baru tiga laporan yang kita terima," katanya.

Baca Juga:Tim dayung Indonesia patut waspadai China di Asian Games 2023

Diakuinya, korban tidak berani melaporkan langsung karena takut. Namun pihaknya akan menelusuri dugaan pelecehan yang dilakukan oleh dosen yang lebih satu orang.

News

Terkini

Menurut Sandi, destinasi wisata halal di Indonesia akan ditingkatkan dari segi kesiapan layanan kuliner dan akomodasi halal.

News | 08:21 WIB

Partai Ummat konsisten memperjuangan nilai-nilai dan prinsip berlandaskan agama Islam dan kepentingan Bangsa.

News | 18:19 WIB

Sejak 10 tahun lalu, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN telah merevolusi sistem layanan kesehatan Indonesia.

News | 18:07 WIB

Seorang pria paruh baya yang diduga melakukan tindakan pencabulan terhadap anak di salah satu daerah di Kabupaten Agam diringkus jajaran Polresta Bukittinggi.

News | 17:15 WIB

Tiga orang tersangka kasus penipuan investasi bodong berkedok investasi jilbab dan mukena ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi.

News | 13:34 WIB

AA yang berstatus pelajar di salah satu SMK Negeri itu ditangkap karena diduga hendak melakukan tawuran.

News | 16:35 WIB

Saat ditanya wartawan, Jokowi mengaku tidak ada yang istimewa dan khusus dari pertemuan tersebut.

News | 16:25 WIB

Buaya itu ditangkap saat berjemur tengah berjemur di pinggir sungai. Warga memasang perangkap menggunakan umpan ayam.

News | 15:49 WIB

Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, berharap warga Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) ikut mengawal jalannya Pemilu 2024 agar berjalan sesuai dengan prosedur dan transparan.

News | 21:37 WIB

Lima warga China tewas dalam insiden penembakan massal di Half Moon Bay, California, Amerika Serikat. Kabar tersebut dipastikan oleh pemerintah negara itu sendiri.

News | 14:53 WIB

Sopir truk yang memicu kecelakaan beruntun hingga menewaskan tiga orang korban di jalan lintas Padang-Bukittinggi, ditetapkan sebagai tersangka.

News | 11:58 WIB

Sembilan warga Palestina tewas dan 16 lainnya luka-luka akibat serbuan tentara Israel di wilayah Tepi Barat, Kamis (26/1/2023).

News | 15:31 WIB

Empat unit kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di perempatan jalan Khatib Sulaiman-Raden Saleh, Kota Padang, tepatnya di depan Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar).

News | 11:49 WIB

Sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Jalan Padang-Bukittinggi, tepatnya di kawasan Jorong Pasar Rabaa, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Tanah Datar.

News | 11:07 WIB

Jumlah penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Teluk Bayur sejak 15 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023, mencapai 8.119 orang.

News | 16:10 WIB
Tampilkan lebih banyak