Respon Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen ke Mahasiswi, Wakil Rektor UIN IB Padang Minta Korban Bersaksi!

Selama tidak ada bukti, pihak kampus UIN IB Padang tidak bisa melakukan penindakan.

Riki Chandra
Kamis, 24 November 2022 | 14:26 WIB
Respon Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen ke Mahasiswi, Wakil Rektor UIN IB Padang Minta Korban Bersaksi!
ilustrasi pelecehan seksual. [envato elements]

SuaraSumbar.id - Pihak Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang belum mendapatkan bukti, maupun kesaksian soal kasus dugaan pelecehan seksual oknum dosen terhadap sejumlah mahasiswi.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN IB Padang, Welhendri Azwar mengatakan, selama tidak ada bukti, pihak kampus tidak bisa melakukan penindakan.

"Kita hanya minta bukti, selama tidak ada bukti dan kampus diminta mengambil tindakan, ujung-ujungnya pencemaran nama baik," katanya kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Setelah ditindaklanjuti, kata Welhendri, hingga saat ini belum ada mahasiswi yang diduga menjadi korban pelecehan seksual itu yang mau memberikan kesaksian.

Baca Juga:Pria Berjaket PNS Kemenhub Gesek-gesek Wanita di KRL, Korban Histeris Temukan Jejak Sperma Pelaku di Rok

"Kalau ada, kampus akan memberikan perlindungan atau jaminan terhadap korban. Saat ini tidak yang mau menjadi saksi, jika tetap diberi tindakan, maka pihak kampus yang terlibat pidana," tuturnya.

Welhendri mengatakan, mahasiwa tersebut baru menerima laporan. Namun pada umumnya mahasiswi itu mendatangi dosen adalah untuk melakukan bimbingan.

"Beberapa dosen ada yang melakukan bimbingan terhadap mahasiswa. Kemudian dosen itu agak disenangi mahasiswi dan itu bukanlah masuk pelecehan. Kalau dosen disenangi mahasiswi, itu kan tidak ada urusan dosen," jelasnya.

"Namun ketika dosen melakukan pembinaan dan memang peserta itu banyak perempuan. Itu tidaklah bentuk pelecehan, cuman mungkin saja tidak enak dilihat. Tapi dosen bersangkutan juga tidak bisa memilih juga, ada mahasiswi yang datang untuk konsultasi soal kuliah, itu adalah dalam konsep konseling," katanya lagi.

Sebelumnya, dugaan itu dibenarkan Mentri Advokasi, Hukum dan HAM DEMA-U UIN Imam Bonjol Padang, Ulva Salsabillah. Berdasarkan informasi, korban lebih dari tiga orang.

Baca Juga:Berhasil Dibekuk, Pelaku Pencabulan di Depok Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

"Jadi yang lapor adalah teman dari korban. Hingga saat ini baru tiga laporan yang kita terima," katanya kepada SuaraSumbar.id, Rabu (23/11/2022).

News

Terkini

Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar kelompok relawan Jokowi disorot berbagai pihak.

News | 07:15 WIB

Winarsih terus berjuang agar lepas dari jerat hukum usai menghina Dewi Perssik.

News | 06:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo menyinggung kekayaan Raffi Ahmad.

News | 05:15 WIB

Kabar pernikahan Ariel NOAH dengan Bunga Citra Lestari (BCL) beredar di media sosial.

News | 17:39 WIB

Dedi berharap masyarakat bisa memanfaatkan perpanjangan untuk segera mengurus pembayaran pajak dan denda pajak kendaraannya.

News | 17:24 WIB

hukuman cambuk 21 kali dikurangi masa tahanan empat bulan atau empat kali cambukan.

News | 17:16 WIB

Keduanya dilimpahkan ke Seksi Paminal Polres Lampung Selatan sebelum di persidangkan di pengadilan.

News | 17:00 WIB

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

News | 15:33 WIB

Menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji merupakan sebuah impian dan pencapaian spiritual tersendiri bagi umuat muslim.

News | 14:15 WIB

WhatsApp meluncurkan fitur mengirim pesan ke nomor sendiri atau Message Yourself untuk pengguna iOS dan Android.

News | 13:15 WIB

TikTok berencana membuka lowongan kerja untuk 3.000 engineer baru di seluruh dunia.

News | 12:15 WIB

Nazril Irham atau Ariel NOAH dikenal sebagai seorang penyanyi yang punya banyak mantan pacar.

Lifestyle | 11:10 WIB

Penggiat Pemilu Sumatera Barat (Sumbar), Surya Efitrimen mengatakan bahwa potensi terjadinya politik uang di Sumbar cukup tinggi.

News | 10:15 WIB

Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti memperkuat skuad Garuda pada Piala AFF 2022, meski Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

News | 09:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo kembali memberikan pernyataan kontroversial. Pinkan terang-terangan meminta Rizky Billar untuk segera menceraikan Lesti Kejora.

Lifestyle | 08:15 WIB
Tampilkan lebih banyak