Dinkes Aceh Timur Catat Delapan Kasus HIV Sepanjang 2022

Penularan HIV hanya bisa melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, serta cairan alat kelamin.

Suhardiman
Kamis, 24 November 2022 | 18:27 WIB
Dinkes Aceh Timur Catat Delapan Kasus HIV Sepanjang 2022
Ilustrasi HIV/AIDS. (Shutterstock)

SuaraSumbar.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur mencatat delapan kasus HIV sepanjang Januari hingga November 2022. Dari jumlah itu, seorang diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur Sondang mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah, seperti tes atau skrining untuk mengetahui antibodi terhadap virus mematikan dan belum ada obatnya.

"Skrining tidak hanya dilakukan untuk kelompok maupun komunitas tertentu saja, tetapi juga ibu hamil serta masyarakat umum lainnya," katanya melansir Antara, Kamis (24/11/2022).

Skrining, kata Sondang, merupakan upaya pencegahan agar HIV tidak menular kepada orang lainnya. Penularan HIV hanya bisa melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, serta cairan alat kelamin.

Baca Juga:Dukung Penuh Pelaksanaan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial, Danang: Semoga Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

"Selain skrining atau deteksi, kami juga menggencarkan sosialisasi pada remaja terkait pencegahan dan penanganan kasus HIV," ujarnya.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Edi Gunawan mengatakan pihaknya menangani enam pasien HIV sejak enam bulan terakhir.

"Ada enam pasien yang telah kami tangani yaitu seorang wanita dan lima laki-laki. Pasien HIV tersebut merupakan warga Aceh Timur dan Banda Aceh. Saat ini, enam pasien tersebut sudah dipulangkan dan hanya rawat jalan," kata Edi Gunawan.

Orang yang terinfeksi HIV memiliki gejala seperti flu, demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Kemudian penyakit ini biasanya tanpa gejala sampai berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

Gejala AIDS termasuk penurunan berat badan, demam atau berkeringat saat malam, kelelahan, dan infeksi berulang. Tidak ada obat untuk AIDS, tetapi kepatuhan ketat mengonsumsi obat dapat mencegah infeksi sekunder dan komplikasi.

Baca Juga:Pemerintah Usul Istilah Makar dalam RKUHP Diubah, Memang Apa Artinya?

News

Terkini

Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar kelompok relawan Jokowi disorot berbagai pihak.

News | 07:15 WIB

Winarsih terus berjuang agar lepas dari jerat hukum usai menghina Dewi Perssik.

News | 06:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo menyinggung kekayaan Raffi Ahmad.

News | 05:15 WIB

Kabar pernikahan Ariel NOAH dengan Bunga Citra Lestari (BCL) beredar di media sosial.

News | 17:39 WIB

Dedi berharap masyarakat bisa memanfaatkan perpanjangan untuk segera mengurus pembayaran pajak dan denda pajak kendaraannya.

News | 17:24 WIB

hukuman cambuk 21 kali dikurangi masa tahanan empat bulan atau empat kali cambukan.

News | 17:16 WIB

Keduanya dilimpahkan ke Seksi Paminal Polres Lampung Selatan sebelum di persidangkan di pengadilan.

News | 17:00 WIB

dengan mencuatnya ini kampus mesti responsif, maskipun masih terdapat pandangan dan persepsi terkait kasus yang terjadi.

News | 15:33 WIB

Menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji merupakan sebuah impian dan pencapaian spiritual tersendiri bagi umuat muslim.

News | 14:15 WIB

WhatsApp meluncurkan fitur mengirim pesan ke nomor sendiri atau Message Yourself untuk pengguna iOS dan Android.

News | 13:15 WIB

TikTok berencana membuka lowongan kerja untuk 3.000 engineer baru di seluruh dunia.

News | 12:15 WIB

Nazril Irham atau Ariel NOAH dikenal sebagai seorang penyanyi yang punya banyak mantan pacar.

Lifestyle | 11:10 WIB

Penggiat Pemilu Sumatera Barat (Sumbar), Surya Efitrimen mengatakan bahwa potensi terjadinya politik uang di Sumbar cukup tinggi.

News | 10:15 WIB

Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti memperkuat skuad Garuda pada Piala AFF 2022, meski Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

News | 09:15 WIB

Penyanyi Pinkan Mambo kembali memberikan pernyataan kontroversial. Pinkan terang-terangan meminta Rizky Billar untuk segera menceraikan Lesti Kejora.

Lifestyle | 08:15 WIB
Tampilkan lebih banyak