alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumbar Diguncang 15 Kali Gempa dalam Sepekan

Suhardiman Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:57 WIB

Sumbar Diguncang 15 Kali Gempa dalam Sepekan
Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

gempa yang terjadi belum ada dampak.

SuaraSumbar.id - Sebanyak 15 gempa bumi mengguncang Sumatra Barat (Sumbar), dalam sepekan terakhir, yaitu 8 hingga 14 Oktober 2021. Gempa yang terjadi dalam skala di bawah magnitudo 5.

"Yang tercatat oleh kami sebanyak 15 kali di berbagai wilayah di Sumbar," kata Koordinator data dan informasi BMKG Padang Panjang, Hamdi Arifin, melansir dari Covesia.com--jaringan suara.com, Sabtu (16/10/2021).

Faktor penyebab gempa bumi ada tiga, yakni di daerah subduksi pertemuan antara lempeng tektonik India-Australia dengan lempeng Eurasia (lokasi Megathrust Mentawai).

Kedua di Mentawai Fault System (MFS) dan ketiga di Sumatera Fault System (SFS) atau lebih populer dengan istilah sesar Sumatera.

Baca Juga: Tersisa Satu Kelurahan Zona Oranye di Kota Jogja, Heroe: Harusnya PPKM Bisa Turun Level 2

Ia mengaku, gempa yang terjadi belum ada dampak. Sebagian besar gempa terjadi pada kedalaman di bawah 60 kilometer, sementara sisanya terjadi di kedalaman 60-300 kilometer.

Data Stasiun Geofisika Padang Panjang menunjukkan, gempa tersebut tidak terjadi setiap hari. Namun di 9 Oktober terjadi tujuh kali gempa.

Pada 11 dan 14 terjadi tiga kali gempa. Sedangkan pada 10 dan 12 terjadi masing-masing satu kali gempa. Hamdi mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada.

"Mari selalu waspada, karena kita berada di kawasan subduksi sesar Mentawai dan Sumatra, jangan percaya dengan isu dan berita hoaks, jika ada yang diragukan silahkan hubungi pihak yang berwenang," pungkasnya.

Baca Juga: Pacar Disebut Mata Duitan, Asmara Cristiono Ronaldo-Georgina Rodriguez Diisukan Kandas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait