alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Minta Sumbangan Pakai Baju Tentara, Suharto Mayor TNI Gadungan Dihajar Massa

Riki Chandra Jum'at, 01 Oktober 2021 | 10:12 WIB

Minta Sumbangan Pakai Baju Tentara, Suharto Mayor TNI Gadungan Dihajar Massa
Anggota TNI gadungan, Suharto diamankan di Mako Koramil 0818/02 Batu, Jawa Timur, Kamis (30/9/2021). [istimewa]

Seorang pria yang ternyata anggota TNI gadungan dihajar massa.

SuaraSumbar.id - Seorang pria yang ternyata anggota TNI gadungan dihajar massa. Beruntung, pelaku bernama Suharto (47) yang mengaku Mayor TNI itu berhasil diselamatkan aparat.

Aksi Suharto diketahui setelah dia meminta uang sumbangan kepada masyarakat di kawasan Kota Batu, Jawa Timur.

Suharto diamankan Polres Batu dan Koramil 0818/02 Kota Batu, pada Kamis sore (30/9/2021). Dalam aksinya, Suharto, TNI Gadungan dengan pangkat Letnan Dua (Letda) itu kerap memakai baju tentara.

Sedangkan foto identitas yang tergantung sebelah kiri, berseragam loreng dengan pangkat mayor. Suharto diamankan dan babak belur dihajar warga dari salah satu vila.

Baca Juga: Ngaku Tentara Minta-minta Sumbangan, Ternyata Suharto Mayor TNI Gadungan

"Sebelah kanan seragamnya, ada tanda nama S Prasetiawan, sedangkan di lengan kirinya ada bet provos," kata Danramil 0818/02 Kota Batu, Kapten Abdul Kodir, dikutip dari SuaraJatim.id, Jumat (1/10/2021).

Penangkapan Suharto ini berawal dari kecurigaan warga yang melihat gerak-geriknya mencurigakan karena meminta-minta uang.

"Warga yang curiga lalu melapor ke Babinsa. Setelah dilihat Babinsa, ternyata diketahui bahwa Suharto adalah TNI gadungan," kata Kodir.

Menurutnya, Suharto lalu didatangi dan diamankan. Nahas sejumlah warga sempat mengeroyoknya lantaran emosi. Oleh petugas Suharto langsung dibawa ke Koramil 0818 / 02 Kota Batu dari amukan warga.

Diduga, Suharto menggunakan identitas palsunya untuk meminta uang kepada warga.

Baca Juga: Tipu Warga Kota Batu, TNI Gadungan Mayor Suhartono Babak Belur

"Beberapa pihak yang dimintai uang adalah pengelola vila dan hotel. Suharto meminta sumbangan dengan alasan perayaan HUT TNI-AD. Kami tidak pernah meminta sumbangan untuk perayaan apapun," imbuh Danramil Batu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait