facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tata Cara Salat Jumat Lengkap dengan Niat dan Artinya

Riki Chandra Jum'at, 17 September 2021 | 09:54 WIB

Tata Cara Salat Jumat Lengkap dengan Niat dan Artinya
Warga melaksanakan shalat Jumat di salah satu Masjid di kawasan Pancoran, Jakarta, Jumat (18/9/2020). [ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto]

Salat Jumat merupakan ibadah wajib bagi laki-laki muslim akil baligh. Hukum salat Jumat yang diselenggarakan sekali dalam seminggu itu adalah fardhu 'ain.

SuaraSumbar.id - Salat Jumat merupakan ibadah wajib bagi laki-laki muslim akil baligh. Hukum salat Jumat yang diselenggarakan sekali dalam seminggu itu adalah fardhu 'ain.

Salat Jumat dilakukan di hari Jumat yang waktunya sama dengan salat Zuhur. Bedanya, salat Jumat hanya 2 rakaat. Kemudian, salat Jumat dilaksanakan secara berjamaah yang diawali dengan khutbah.

Hukum wajib salat Jumat bagi umat laki-laki tertuang dalam Alquran yang artinya; "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegera-lah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan-lah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". (Al-Jumuah ayat 9)

Dalam hadits riwayat Abu Daud, salat Jumat hukumnya wajib bagi setiap umat muslim terkecuali empat golongan yakni; hamba sahaya, perempuan, anak kecil, dan orang sakit.

Baca Juga: Salat Jumat, Ini Tata Cara Lengkapnya

Berikut tata cara salat Jumat:

1. Mendengarkan Khutbah

Sebelum salat Jumat, khatib akan naik ke mimbar dan setelah masuk waktu zuhur, khatib akan manyampaikan khutbah pertama. Kemudian khatib duduk akan beberapa saat lalu dilanjutkan khutbah kedua. Jamaah salat Jumat diharuskan mendengarkan khutbah dengan tenang tanpa bersuara.

2. Iqamah

Iqamah adalah ketika muadzin mengumandangkan tanda tanda bahwa salat Jumat akan segera dimulai. Imam kemudian memimpin salat Jumat.

Hukum dan niat salat Jumat

Baca Juga: Hukum Niat dan Tata Cara Salat Jumat Terlengkap

Sebelum memulai salat Jumat, tentu harus diawali dengan niat. Berikut bacaan niat salat Jumat:

Ushollii fardhol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya: Aku niat salat Jumat dua rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah ta'ala.

- Takbiratul Ihram hingga Salam

Setelah selesai membaca niat salat Jumat, kemudian salat Jumat pun dimulai dan diawali dengan membaca takbiratul ihram, surat Al-Fatihah, surat pendek, rukuk itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan dilanjutkan rakaat kedua.

- Zikir dan Berdoa

Usai salat Jumat, disunahkan untuk berzikir dan berdoa dengan khusyuk kepada Allah SWT untuk meminta ampunan dan pertolongannya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait