alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Covid-19 Memperkuat Risiko Stroke pada Pasien Covid-19

Wakos Reza Gautama Jum'at, 30 Juli 2021 | 12:57 WIB

Covid-19 Memperkuat Risiko Stroke pada Pasien Covid-19
Ilustrasi Pasien COVID-19. Covid-19 memperkuat risiko stroke pada pasien Covid-19. [Dok. Pemkot Tangerang]

Risiko diabetes dan tekanan darah tinggi berkontribusi terhadap risiko stroke pasien Covid-19

SuaraSumbar.id - Faktor risiko seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, berkontribusi terhadap risiko stroke pada pasien Covid-19.

Risiko diabetes dan tekanan darah tinggi berkontribusi terhadap risiko stroke pasien Covid-19 juga berlaku pada orang yang lebih muda. 

Hal ini dikemukakan penelitian yang dipimpin oleh tim di University of Southampton di Inggris sebagaimana dilansir dari Times of India.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain Communications ini meneliti 267 kasus masalah neurologis dan kejiwaan terkait Covid-19 di Inggris.

Baca Juga: Obati Rasa Rindu Liburan, Ini Menu Inspirasi Burger Sushi

Dari 267 kasus, stroke adalah kondisi yang paling sering dilaporkan, mempengaruhi hampir setengah dari pasien. 

Lebih dari seperempat stroke terjadi pada pasien di bawah 60 tahun, banyak di antaranya memiliki faktor risiko yang dapat dimodifikasi yang berarti mereka sudah berisiko terkena stroke.

Kondisi umum lainnya termasuk delirium, kejadian psikiatri dan bukti kerusakan otak lainnya (ensefalopati). 

Lebih dari 10 persen pasien mengalami lebih dari satu kondisi neurologis dan pasien ini lebih mungkin membutuhkan perawatan intensif dan ventilasi.

"Sangat mengejutkan tidak hanya berapa banyak peristiwa neurologis dan psikiatris yang berbeda yang kami amati dalam penelitian ini, tetapi juga bahwa beberapa dari kondisi ini terjadi bersama-sama pada pasien yang sama. Ini menunjukkan Covid-19 dapat memengaruhi banyak bagian sistem saraf pada pasien yang sama," kata Dr Amy Ross-Russell, peneliti di NIHR Southampton Clinical Research Facility di University Hospital Southampton NHS Foundation Trust.

Baca Juga: Covid-19 Mulai Serang Anak-anak di Pontianak, Bayi Ikut Tertular

"Pasien stroke juga mengalami penyumbatan pembuluh darah atau trombosis di tempat lain di tubuh sehingga ini penting untuk memahami mengapa beberapa stroke terjadi selama Covid-19," tambah Ross-Russell.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait