facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Merawat Rambut dengan Benar, Perempuan Wajib Tau

Riki Chandra Senin, 17 Mei 2021 | 13:15 WIB

Merawat Rambut dengan Benar, Perempuan Wajib Tau

Bagi perempuan, rambut dianggap bagaikan mahkota kepala. Kesehatan rambut dapat terlihat dari teksturnya juga kondisi kulit kepala.

SuaraSumbar.id - Perawatan rambut perlu diperhatikan. Baik bagi perempuan yang mengenakan hijab atau pun tidak, kesehatan rambut sama pentingnya.

Bagi perempuan, rambut dianggap bagaikan mahkota kepala. Kesehatan rambut dapat terlihat dari teksturnya juga kondisi kulit kepala.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Anggraeni Noviandini, Sp.KK menjelaskan bahwa rambut sehat memiliki tekstur lembut saat disentuh, tidak bercabang, dan tampak berkilau.

"Rambut sehat juga memiliki kulit kepala yang sehat, ditandai dengan jumlah rambut yang normal dan tidak berketombe. Rambut juga tidak mudah patah dan rontok," jelasnya dikutip dari media sosial Perhimpunan Dokter spesialis kulit dan kelamin (Perdoski), Minggu (16/5/2021).

Baca Juga: Berhijab atau Tidak, Bedakah Cara Perawatan Rambut Bagi Perempuan?

Rambut rontok tidak selalu menandakan kerusakan. Dokter Anggaraeni menjelaskan bahwa rambut juga memiliki siklus kerontokan setiap hari. Kerontokan rambut dikatakan sehat jika hanya sebanyak 50-100 helai per hari.

Secara keseluruhan, perawatan rambut bagi perempuan berhijab maupun tidak, tak banyak perbedaan. Dokter Ni Putu Ary, Sp.KK. M.Kes menambahkan, terpenting dalam merawat kesehatan rambut adalah keramas secara rutin disesuai dengan tipe rambut.

"Rambut yang berminyak disarankan untuk sehari sekali. Sedangkan rambut tipe kering dapat dijarangkan hingga dua sampai tiga kali dalam seminggu. Yang penting saat keramas, sampo digosokan secara lembut saja ke kulit kepala untuk menghilangkan debu dan kotoran. Setelah bersih, dapat digunakan kondisioner, terutama pada ujung rambut," paparnya.

Pemilihan sampo dan kondisioner juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi rambut. Demikian pula dengan rambut yang diwarnai atau berketombe. Pemilihan sampo disarankan disesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala.

Bagi perempuan berhijab, selain keramas dan menggunakan kondisioner, cara penggunaan jilban juga harus diperhatikan.

Baca Juga: Alami dan Menyehatkan, 4 Jenis Makanan Ini Bantu Rambut Kering Jadi Lembap

Dokter Pedia Primadiarti mengatakan, rambut memang tidak mendapat sirkulasi udara yang baik ketika kepala ditutupi jilbab. Sehingga rentan alami masalah kesehatan rambut dan kulit kepala.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait