alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jembatan Layang Sitinjau Laut di Sumbar Masuk Proyek Strategis Nasional

Riki Chandra Kamis, 08 April 2021 | 19:41 WIB

Jembatan Layang Sitinjau Laut di Sumbar Masuk Proyek Strategis Nasional
Tangkapan layar pendakian tajam panorama 1 Sitinjau Laut, Kota Padang, Sumatera Barat. [YouTube: Sitinjau Lauik Truck Video]

"Ada 35 proyek strategis nasional, termasuk fly over panorama satu Sitinjau Laut. Kami berharap semuanya bisa diselesaikan pada 2024," katanya.

SuaraSumbar.id - Pembangunan fly over atau jembatan layang Sitinjau Laut di Kota Padang, Sumatera Barat, termasuk salah satu proyek strategis nasional yang diproyeksikan selesai tahun 2024.

Hal itu dinyatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, ketika berkunjung ke Sumbar, Kamis (8/4/2021).

"Ada 35 proyek strategis nasional, termasuk fly over panorama satu Sitinjau Laut. Kami berharap semuanya bisa diselesaikan pada 2024," katanya, dikutip dari Antara.

Menurut Ketum PPP itu, kerawanan dan tingginya angka kecelakaan di kawasan Sitinjau Laut menjadi salah satu alasan perlunya pembangunan jembatan layang.

Baca Juga: Buaya Berenang di Pantai Torpedo Agam, Pengunjung Heboh

Ketika meninjau kawasan Sitinjau Laut, Suharso menyebut bahwa tanjakannya sangat curam. Pembangunan jembatan layang di panorama 1 itu direncanakan sepanjang 2,60 kilometer.

Seperti diketahui, pembangunan jembatan layang itu sudah direncanakan sejak 2012. Studi kelayakan sudah ada sejak 2013. Sedangkan DED pada 2015 dan dokumen Amdal selesai tahun 2018. Saat ini, sedang dalam proses izin pinjam pakai kawasan hutan.

Dia meminta prosesnya dipercepat agar segera bisa dilakukan ground breaking dan target selesai pada 2024 bisa terealisasi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengaku bersyukur dan berbangga hati dengan kunjungan Menteri Kabinet Indonesia Maju itu.

"Kemarin bersama Wapres RI ada Menteri Perdangangan, Wakil Menteri PUPR, Wakil Menteri Kesehatan dan hari ini Menteri PPN/Bappenas yang telah memberikan motivasi dalam menggairahkan kemajuan pembangunan di Sumbar. Pemerintah provinsi bersama komponen pembangunan daerah dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengawal menyukseskan semua program nasional di Sumbar," katanya. (Antara)

Baca Juga: Puasa Senin Depan, Awal Ramadan Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar 12 April

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait