alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Terpilih Kurang 4 Tahun

Riki Chandra Selasa, 23 Februari 2021 | 20:15 WIB

Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Terpilih Kurang 4 Tahun
Paslon Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy. [Suara/Istimewa]

"Saya harap pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih lebih cepat karena gubernur dan wakil gubernur sekarang periodenya kurang dari 4 tahun," katanya.

SuaraSumbar.id - DPRD Sumatera Barat telah mengumumkan dan Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih ke Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Rencananya, pasangan tersebut akan dilantik Maret 2021.

"Saya harap pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih lebih cepat karena gubernur dan wakil gubernur sekarang periodenya kurang dari 4 tahun. Sebab, November 2024 sudah masuk Pilkada serentak nasional," kata Pj Gubernur Sumbar, Hamdani usai sidang paripurna DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Hamdani mengaku akan mengawal proses kelancaran penetapan gubernur terpilih. Paripurna ini adalah tahap akhir Pilgub Sumbar 2020.

"Kepastian untuk pelantikan tinggal menunggu dari pusat. Yang jelas Maret, tapi tanggalnya belum pasti," katanya, dikutip dari Covesia.com - jaringajn Suara.com.

Selain itu, kata Hamdani, ada beberapa regulasi yang harus dibahas. Seperti RPJMD yang tak harus menunggu 6 bulan dulu.

"Bagaimana membahas RPJMD 2021-2025 segera selesai. Kita berharap dengan keterbatasan dana fiskal dana transfer, ada inovasi meningkatkan dana daerah," katanya.

Baca Juga: Audy Joinaldy, Wagub Sumbar Terpilih yang Punya 6 Gelar Akademik

"Pembangunan daerah tak hanya dari dana APBD juga dengan investor dan pihak ketiga. Bagaimana Sumbar jadi daerah ramah investor semoga pelantikan bisa secepatnya," harapnya.

Sementara itu, Gubernur terpilih, Mahyeldi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumbar yang telah berpartisipasi dalam pilkada 9 Desember 2020 lalu.

"Alhamdulillah partisipasi masyarakat meningkat dibandingkan Pilgub sebelumnya," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait