Suhardiman
Ilustrasi daging. [pixabay]

SuaraSumbar.id - Pemkab Aceh Barat memastikan daging segar ternak kerbau dan sapi yang dijual bebas dari penyakit kuku dan mulut (PMK) serta aman dikonsumsi.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Adrial, melansir Antara, Sabtu (14/5/2022).

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena daging yang dijual merupakan daging lokal dan tidak didatangkan dari luar daerah, sehingga aman dikonsumsi," katanya.

Dirinya mengaku, daging segar yang dijual oleh pedagang di sejumlah lokasi di Aceh Barat, merupakan ternak lokal yang disembelih untuk dijual ke konsumen.

Baca Juga: Warga Palestina Pelayat Pemakaman Jurnalis Al Jazeera Dipukuli Polisi Israel

"Sebelum dilakukan penyembelihan ternak tersebut juga sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan," jelasnya.

Guna mengantisipasi terjadinya PMK, pihaknya bersama kepolisian setempat juga sudah melakukan penyekatan guna dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ternak yang masuk ke daerah.

Pihaknya juga tidak akan menerbitkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) kepada ternak yang berasal dari luar daerah.

Komentar