facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Natal dan Tahun Baru, Payakumbuh Kebut Capaian Vaksinasi hingga 80 Persen

Riki Chandra Kamis, 02 Desember 2021 | 19:15 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Payakumbuh Kebut Capaian Vaksinasi hingga 80 Persen
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak. (Dok. Ema/Suara.com)

Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan mencapai angka vaksinasi Covid-19 sebanyak 80 persen.

SuaraSumbar.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan mencapai angka vaksinasi Covid-19 sebanyak 80 persen, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Aktivitas masyarakat diprediksi akan meningkat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru yang berpotensi kepada peningkatan kasus, sehingga kita harus mempercepat vaksinasi," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Fatma Nelly, Kamis (2/12/2021).

Ia mengatakan, sampai Rabu (1/12/2021), capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Payakumbuh sudah 72,34 persen dan dosis kedua 46,04 persen.

Menurutnya, Pemkot Payakumbuh akan menindaklanjuti pekerjaan dengan mengejar target capaian 80 persen dan tidak hanya diam saja dengan telah mencapai 70 persen.

Baca Juga: Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Covid-19

"Strategi bersama dengan POLRI-TNI dan Pemkot akan menggelar Sumbar Sadar Vaksin setiap hari Sabtu hingga akhir Desember 2021. Ditambah kita juga melaksanakan vaksinasi stasioner dan door to door ke sekolah, rumah warga, dan puskesmas dengan vaksinator 16 dari puskesmas, dua dari rumah sakit, dan tiga dari klinik Polres Payakumbuh," ujarnya.

Meski begitu, Pemkot Payakumbuh juga tidak akan melepaskan kebijakan untuk meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan termasuk aturan yang mengatur kegiatan kerumunan.

"Mari kita sukseskan vaksinasi ini, dosis kedua sama pentingnya dengan dosis pertama, beriringan menjadi tujuan utama kita dalam membentengi diri dari bahaya paparan COVID-19," katanya.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat agar menyegerakan mengikuti vaksin terlebih Pemkot Payakumbuh juga telah menyediakan aplikasi untuk mendaftar vaksinasi berbasis web di vaksinasi.payakumbuhkota.go.id.

"Mari, kita capai herd immunity sehingga kita semua bisa kuat melawan Covid-19, tetap jaga protokol kesehatan meski sudah divaksin, vaksin aman dan halal," ujarnya.

Baca Juga: Waspada Gelombang Ketiga Covid-19, BIN Sumbar Gempur Vaksinasi di 4 Kabupaten

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan suksesnya vaksinasi tidak terlepas dari peran dan sinergi yang Pemkot Payakumbuh bersama Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Moch. Denny Nurcahyono, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Ketua PN Kurniawan Widjonarko dan unsur Forkopimda lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait