facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

1.125 Ekor Sapi Kurban di Padang Diperiksa, 42 Ekor Tak Layak Disembelih

Riki Chandra Kamis, 15 Juli 2021 | 20:26 WIB

1.125 Ekor Sapi Kurban di Padang Diperiksa, 42 Ekor Tak Layak Disembelih
Dinas Perdagangan Kota Padang saat memeriksa hewan kurban seminggu jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. [Suara.com/ B. Rahmat]

Pemeriksaan terhadap hewan kurban merupakan agenda rutin setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Adha.

SuaraSumbar.id - Sepekan jelang hari Raya Idul Adha 1442 H, Dinas Peternakan (Distan) Kota Padang telah memeriksa sebanyak 1.125 ekor sapi kurban. Dari jumlah tersebut, 42 ekor di antaranya dinyatakan tidak layak disembelih.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Distan Kota Padang, Sofia Hariyani mengatakan, pemeriksaan terhadap hewan kurban merupakan agenda rutin setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Adha.

"1.125 ekor sapi tersebut merupakan data dari 25 titik penampungan dan penjualan hewan kurban di Kota Padang," katanya, Kamis (15/7/2021).

Hewan kurban yang dinyatakan tidak layak disembelih umurnya belum cukup dua tahun sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Kemudian kondisi kesehatan fisik hewan tidak sehat.

Baca Juga: Heboh! Pria Maling Celana Dalam dan BH di Padang Terekam CCTV, Videonya Viral

"Sebanyak 25 ekor sapi terkonfirmasi belum cukup cukup umur, selebihnya karena cacat , seperti dalam kondisi tidak sehat," katanya.

Dijelaskannya, untuk tahun 2021, Distan Kota Padang menargetkan sebanyak 35 titik penampungan dan penjualan sapi kurban yang diperiksa diwilayah Kota Padang.

"Kami melakukan beberapa pemeriksaan seperti melihat kondisi fisik dari sapi kurban, meliputi memeriksa kondis mata sapi, hidung, telinga dan lainnya," imbuhnya.

Sementara Kepala Distan Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, pemantauan dan pengawasan terhadap kandang dan tempat penampungan hewan kurban sendiri akan dilakukan secara rutin untuk memastikan hewan kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat aman dan sehat.

"Bahkan pada hari penyembelihan hewan kurban, petugas Keswan dan Kesmavet juga akan dikerahkan ke masjid dan musala untuk memastikan daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat bersih dan tidak berpenyakit," katanya.

Baca Juga: Jokowi Kurban 35 Sapi di Idul Adha 2021, Salah Satunya Disalurkan ke Masjid Istiqlal

Kemudian Distan Kota Padang memprediksi pada Idul Adha tahun ini, jumlah hewan kurban di kota Padang akan mengalami peningkatan antara 5 persen sampai 10 persen dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait